ADVERTISEMENT

Isu Jokowi Endorse Ganjar-Erick di 2024, Senior PDIP Singgung 'Ilmu Tahu Diri'

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 19:43 WIB
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno (Tsarina Maharani/detikcom)
Hendrawan Supratikno (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta -

Isu sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan 'endorse' atau mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024 mencuat. Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut Jokowi sangat paham 'ilmu tahu diri'.

Hendrawan menyebut posisi Jokowi sebagai presiden menjadi faktor siapa pun yang berada di dekatnya dispekulasikan mendapat dukungan pilpres. Dia menilai anggapan itu wajar meski tidak semua pertemuan Jokowi dengan beberapa tokoh itu disengaja.

"Itulah hebatnya Presiden. Siapa saja yang di dekatnya mendapat predikat 'di-endorse' Presiden untuk kontestasi ke depan. Padahal, dalam sejumlah kasus, pertemuannya setengah spontan dan sedikit beraroma kebetulan," kata Hendrawan kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Hendrawan mengaku tidak membaca adanya sinyal dukungan dari Jokowi terhadap tokoh siapa pun. Hendrawan yakin Jokowi paham konstitusi dan menyerahkan urusan pilpres ke partai politik.

"Pada saat sekarang, sinyal-sinyal masih berpendar. Presiden paham konstitusi. Urusan paslon dalam pilpres adalah urusan parpol atau gabungan parpol," ujarnya.

Dengan demikian, Hendrawan meminta semua pihak tak terburu-buru berspekulasi. Dia menekankan tugas Jokowi sebagai pemimpin negeri belum selesai. Hendrawan lantas menyinggung Jokowi memahami 'ilmu tahu diri'.

"Jadi jangan tergesa-gesa berspekulasi. Jangan sebentar-sebentar mencurigai Presiden sebagai kekuatan penekan. Tugas dan janji yang harus ditunaikan masih banyak," kata Hendrawan.

"Meski kekuasaan dan kekuatannya besar, Pak Jokowi sangat paham konstitusi dan 'ilmu tahu diri'," lanjut dia.

Sebelumnya, tafsiran sinyal Jokowi endorse Ganjar juga muncul di kalangan relawan Ganjar, Ganjarist. Ganjarist bicara soal sinyal endorse dari Jokowi ke Ganjar menuju tahun politik 2024.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8).

Simak video 'Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT