ADVERTISEMENT

Peringati HUT ke-34, Polwan Kunjungi Sekolah-Pesantren Wanti-wanti UU ITE

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 19:24 WIB
Polwan menggelar Goes to School dalam memperingati hari jadi ke-34, sosialisasi UU ITE ke para siswa.
Polwan menggelar Goes to School dalam memperingati hari jadi ke-34, sosialisasi UU ITE ke para siswa. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polwan RI menggelar kegiatan Polwan Goes to School dalam memperingati hari jadi ke-34. Para polwan mendatangi SMA hingga pondok pesantren untuk melakukan edukasi tentang bahaya bermain media sosial.

Widyaswara Lemdiklat Polri Irjen Juansih mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (8/8/2022). Kegiatan ini diusung dengan tema 'Cerdas Bermedia Sosial'.

"Pada hari ini Senin tanggal 8 Agustus 2022 Polwan Republik Indonesia baik yang berada di Mabes Polri maupun di Polda-Polda sampai dengan Polres-Polres di seluruh jajaran Republik Indonesia secara serentak melaksanakan satu kegiatan polwan Goes to School dengan tema cerdas dalam bermedia sosial," kata Juansih dalam keterangan tertulisnya Senin (8/8/2022).

Juansih menyebut kegiatan ini serentak dilakukan di Indonesia. Di Jakarta, kegiatan ini berpusat di kawasan Jakarta Selatan. Polwan Goes to School diisi dengan sejumlah penyuluhan dari Polwan dan pendamping kepada para siswa terkait edukasi dalam bermedia sosial.

Di antaranya yakni mengedukasi soal bagaimana sebaiknya harus bersikap di dunia maya, aturan-aturan apa saja yang harus ditaati agar terhindar dari tindak pidana yang melanggar Undang-Undang ITE, serta apa saja yang harus diwaspadai agar terhindar menjadi korban kejahatan online.

"Dengan harapan bahwa para siswa sebagai generasi penerus bangsa akan lebih paham dan lebih waspada dalam bermedia sosial sehingga mereka bisa terhindar dari kejahatan-kejahatan online maupun kejahatan-kejahatan lain yang terkait ITE," ujar Juansih.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa generasi muda harus bijak dan berhati-hati dalam mengakses seluruh informasi yang berkembang khususnya di media sosial.

"Harapan yang lebih besar lagi bahwa di era digital ini para generasi penerus bangsa harus bisa menguasai secara digital dalam bidang apa saja termasuk dalam media sosial dengan baik dan penuh kehati-hatian, cerdas dan lebih waspada lagi," tutupnya.

Lihat juga video 'Seskab Curhat Pemerintah Kerap Dianggap Represif Karena UU ITE':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT