ADVERTISEMENT

Tema Hari Ulang Tahun ASEAN 2022 dan Sejarah Perayaannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 20:31 WIB
Tema hari ulang tahun ASEAN digunakan sebagai penyemarak acara perayaan HUT ASEAN 2022. Peringatan hari ASEAN jatuh pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya.
Tema Hari Ulang Tahun ASEAN 2022 dan Sejarah Perayaannya (Foto: asean.org)
Jakarta -

Tema hari ulang tahun ASEAN digunakan sebagai penyemarak acara perayaan HUT ASEAN 2022. Hari ulang tahun ASEAN diperingati setiap tanggal 8 Agustus dan perayaan tahun 2022 bertepatan pada hari ini, Senin (8/8/2022).

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi dunia yang anggotanya terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. Simak informasi di bawah ini terkait tema hari ulang tahun ASEAN 2022 beserta sejarah peringatannya.

Tema Hari Ulang Tahun ASEAN 2022

Dilansir laman resmi ASEAN, tema hari ulang tahun ASEAN 2022 adalah "ASEAN A.C.T.: Addressing Challenges Together" atau "ASEAN A.C.T.: Mengatasi Tantangan Bersama". Adapun pada peringatan tahun ini, Kamboja menempati posisi sebagai ASEAN Chair 2022 (Ketua ASEAN).

Oleh karena itu, ASEAN 2022 menjadikan tahun ini sebagai tahun pemuda ASEAN. Di bawah platform kampanye online #ASEANyouth2022, ASEAN mengundang kaum muda untuk memperkuat pesan tentang kepemimpinan mereka dalam pengembangan masyarakat sepanjang tahun.

Tema hari ulang tahun ASEAN digunakan sebagai penyemarak acara perayaan HUT ASEAN 2022. Peringatan hari ASEAN jatuh pada tanggal 8 Agustus setiap tahunnya.Tema hari ulang tahun ASEAN digunakan sebagai penyemarak acara perayaan HUT ASEAN 2022 pada tanggal 8 Agustus. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Makna Tema HUT ASEAN 2022

Tema HUT ASEAN 2022 diusung untuk fokus pada pembangunan keterlibatan para pemuda dalam pengembangan keterampilan, khususnya di bidang digital. Adapun kegiatan Dialog Pemuda ASEAN ke-1 yang didanai oleh Republik Korea tahun ini adalah sebagai wadah bagi kaum muda dengan berbagai latar belakang dan minat untuk mengeluarkan potensi mereka dan memainkan peran aktif dalam mengatasi tantangan di abad ini.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Pada tanggal 8 Agustus 1967, lima pemimpin negara yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, duduk bersama di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand. Mereka menandatangani dokumen deklarasi ASEAN yang berisikan lahirnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Lima Menteri Luar Negeri yang menandatangani deklarasi ASEAN tersebut antara lain:

  • Adam Malik (Indonesia)
  • Narciso R. Ramos (Filipina)
  • Tun Abdul Razak (Malaysia)
  • S. Rajaratnam (Singapura)
  • Thanat Khoman (Thailand).

Kelima tokoh tersebut kemudian disebut sebagai bapak pendiri perhimpunan tersebut, di mana lima negara itu menjadi organisasi yang menjembatani antar pemerintah di negara berkembang saat ini.

Apa Saja Negara-negara Anggota ASEAN?

Dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Jerman Jakarta atau Jakarta Diplo, ASEAN terdiri dari 10 negara anggota. Berikut kesepuluh anggotanya:

  1. Brunei Darussalam
  2. Indonesia
  3. Kamboja
  4. Laos
  5. Malaysia
  6. Myanmar
  7. Filipina
  8. Singapura
  9. Thailand
  10. Vietnam

Dalam perjalanannya sebagai organisasi dunia, ASEAN berhasil mendirikan sebuah kawasan perdagangan bebas bernama ASEAN Free Trade Area (AFTA) melalui pengurangan tarif bertahap. Kemudian, ASEAN bersifat terbuka untuk partisipasi semua negara di kawasan Asia Tenggara yang tunduk pada maksud, prinsip, dan tujuannya.

Dalam deklarasinya, ASEAN adalah representasi kehendak kolektif negara-negara Asia Tenggara untuk mengikat diri mereka bersama dalam persahabatan dan kerja sama dan, melalui upaya dan pengorbanan bersama, mengamankan bagi rakyat mereka dan untuk keturunan berkat perdamaian, kebebasan dan kemakmuran.

Demikian informasi tema hari ulang tahun ASEAN 2022 beserta sejarah berdirinya ASEAN. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT