ADVERTISEMENT

Kota Bogor Dilanda 80 Bencana Selama Juli 2022, Didominasi Longsor

M Sholihin - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 13:22 WIB
Longsor di Bogor timpa rumah warga
Foto: Longsor di Bogor beberapa waktu lalu (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat sebanyak 80 bencana terjadi di Kota Bogor selama Bulan Juli 2022. 1 orang meninggal dunia dalam kejadian tersebut. Sementara 5 lainnya mengalami luka-luka.

"Total ada 80 kejadian bencana di Kota Bogor selama Juli 2022. Dari total kejadian itu, 1 orang meninggal dunia dan beberapa lainnya alami luka, sejumlah bangunan juga alami kerusakan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

BPBD Bogor merinci, puluhan bencana yang terjadi di Kota Bogor didominasi oleh kejadian longsor. Sedikitnya 47 kejadian longsor terjadi di Kota Bogor selama Juli 2022. Sedangkan bencana lainnya yakni, bencana banjir 3 kejadian, bangunan ambruk 16 kejadian, kebakaran 5 kejadian, pohon tumbang 8 kejadian, dan penyelamatan hewan sebanyak 1 kejadian.

"Bulan Juli ini intensitas cukup tinggi, terutama sore hari dan menjelang malam. Namun intensitas hujan menurun di akhir bulan. Tanah longsor menjadi tren kejadian bulan ini dibanding bulan sebelumnya," kata Theo dalam keterangannya.

"Hujan disertai angin kencang menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana rumah ambruk," tambahnya.

Theo menyebut, puluhan bencana yang terjadi di Kota Bogor memberidampak kepada 99 Kepala Keluarga atau 341 jiwa, 3 Tembok Penahan Tanah (TPT) atau tembok antilongsor ambrol dan 69 bangunan rumah rusak berat hingga ringan.

"Untuk korban jiwa sebanyak 1 orang meninggal dunia, itu terkait kejadian longsor yang menimpa rumah warga di Kelurahan Curug Kecamatan Bogor Barat. Untuk korban luka secara keseluruhan ada 5 orang, semua sudah ditangani," terang Theo.

BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang bisa datang kapan saja, terutama ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Bogor.

"Untuk informasi kebencanaan dan penanggulangan bencana, warga bisa menghubungi call center BPBD Kota Bogor, segera laporkan jika terjadi bencana," kata Theo.

Simak juga 'Arahan Jokowi ke BMKG dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT