ADVERTISEMENT

Kebakaran Lantai 3 Gedung Pegadaian Senen Tak Ganggu Operasional

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 00:02 WIB
Ilustrasi kebakaran
Foto: detikcom/Ilustrasi oleh : Edi Wahyono/det
Jakarta -

Kebakaran melanda Lantai 3 Kantor Pusat PT Pegadaian di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Corporate Secretary PT Pegadaian R Swasono A Widodo memastikan peristiwa kebakaran tak akan mengganggu operasional pelayanan.

"Gedung tersebut merupakan lokasi Kantor Pusat PT. Pegadaian yang diisi oleh hanya beberapa divisi support, sehingga pelayanan dan operasional kepada masyarakat dijamin tetap berjalan normal," kata Swasono dalam keterangan tertulis, Minggu (7/8/2022).

Dia menjelaskan gedung tersebut hanya diisi oleh divisi pendukung sehingga tak akan mengganggu pelayanan. Di samping itu, proses layanan maupun doken administrasi sudah terdigitalisasi serta terkoneksi dengan data center di luar gedung.

"Dengan koordinasi dan kesigapan seluruh pihak yang terlibat, maka seluruh proses penanggulangan kebakaran dapat dikendalikan dengan aman," ujarnya.

Peristiwa itu bermula ketika satpam melihat asal tebal yang berasal dari lantai 3 gedung. Mereka langsung berupaya memadamkan api menggunakan APAR. Namun, upaya itu gagal lantaran asap semakin menebal, sedangkan titik api tak kunjung ditemukan.

"Petugas security langsung menghubungi kantor pemadam kebakaran dan petugas damkar langsung merapat ke TKP," kata Kepala Sektor 8 Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Kusnanto saat dikonfirmasi.

Mulanya kebakaran ditangani oleh 4 unit. Kemudian, jumlahnya terus ditambah menjadi 14 unit dan 56 personel damkar. Proses pemadaman dimulai sejak pukul 12.30 WIB hingga 16.50 WIB.

"Dugaan penyebab korsleting listrik. Situasi pemadaman selesai," ujarnya.

Kantor tersebut memiliki empat lantai dengan nilai kerugian masing-masing lantai sebesar Rp 6 juta. Setiap lantainya memiliki luas sebesar 15 meter persegi.

"Per lantai 15 meter persegi x 4 lantai = 60 meter persegi. Kerugian= 60 meter persegi × Rp 6 juta= Rp 360 juta," jelasnya.

Simak juga 'Ruko di Purbalingga Kebakaran, Ibu dan Anak Tewas Terpanggang':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT