ADVERTISEMENT

Sederet Langkah MIND ID dalam Mendukung & Memberdayakan Disabilitas

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 18:36 WIB
Suasana pertandingan final goalball putra antara Indonesia melawan Thailand pada final Goalball putra ASEAN Para Games 2022 di GOR Kentingan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Tim goalball putra Indonesia menyumbangkan medali perak usai kalah dari lawannya dengan skor 12-13. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

BUMN Holding Industri Pertambangan, MIND ID punya sederet langkah untuk mendukung dan memberdayakan disabilitas. Langkah tersebut salah satunya ditunjukan dengan mengambil peran dalam mendukung ASEAN Para Games 2022.

Direktur Keuangan MIND ID Devi Pradnya Paramita mengatakan Grup MIND ID bangga bisa mengambil peran penting dalam mendukung Asean Paragames 2022 ini. Menurutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam perhelatan Asian Para Games sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID yakni pilar 'People'.

"Hal ini terkait inclusion dan diversity, di mana Perusahaan mendukung bukan hanya di tempat kerja tetapi juga untuk para atlet disabilitas mendapatkan kesempatan untuk sejajar dan mendapatkan akses untuk berprestasi di bidang olahraga," kata Devi dalam keterangan tertulis, Minggu (7/8/2022).

Selain dalam bidang olahraga, Grup MIND ID juga memiliki beberapa program pemberdayaan bagi penyandang disabilitas. Seperti Batik Handayani yang berlokasi di Bogor, merupakan salah satu UMKM binaan Antam, yang memberdayakan beberapa pekerja disabilitas, mulai dari diberikan keterampilan membatik, hingga menjahit.

Selain itu di Sumatera Utara, terdapat Rumah Pemberdayaan disabilitas yang mendapat perhatian dari Inalum. Di tempat ini para disabilitas diajak untuk bisa berkarya, mulai dari menjahit, membuat kerajinan tangan, hingga perbengkelan.

"Akhirnya Striving for Equality tetap layak dikumandangkan sekalipun gemuruh Asean Para Games 2022 telah berakhir, tapi semangat kesetaraan perlu untuk terus diperjuangkan dengan memperbanyak ruang bagi mereka yang jauh lebih membutuhkan perhatian," tutur Devi.

Sebagai informasi, MIND ID dengan PT Antam, Tbk, PT Bukit Asam, Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah, Tbk ini hadir dalam Asean Para Games 2022.

Dalam ajang olahraga yang menghadirkan 11 Negara di Asean dengan 14 cabang olahraga yang dipertandingkan ini, kontingen Indonesia keluar sebagai Juara Umum dengan total perolehan medali sebanyak 419 medali, 171 medali emas, 138 perak, dan 110 perunggu.

Kemudian, Malaysia pada peringkat kedua dengan perolehan medali sebanyak 312 medali dan disusul Vietnam pada peringkat ketiga dengan perolehan medali sebanyak 176 medali.

Gelaran selebrasi upacara penutupan Asean Paragames 2022 dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jokowi mengapresiasi seluruh kontingen yang bertanding, karena telah menjaga sportifitas dan menjalin persaudaraan. Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah dan Wali Kota Solo yang telah sukses menjadi tuan rumah.

Simak juga 'Pabrik Alumunium di Medan ini Tidak Mengeluarkan Asap Limbah, Kok Bisa?':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT