ADVERTISEMENT

Anies Bawa Burung 'Anis Merah' Ikut Lomba Berkicau

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 07 Agu 2022 14:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti perlombaan Kicau Burung menjelang Piala Gubernur Jakarta. Anies turut membawa burung berjenis 'anis merah' untuk dilombakan.

Pantauan di Lapangan B kawasan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Minggu (7/8/2022), Anies tiba di lokasi sekitar pukul 13.10 WIB sambil membawa burung peliharaannya. Burung itu berwarna merah dan biru dan diletakkan di sangkar kayu berwarna cokelat.

Dia langsung meletakkan sangkar burung di atas gantungan bernomor 19. "Nama burungnya anis. Semoga menang ya," kata Anies di lokasi, Minggu (7/8/2022).

Beberapa saat setelahnya, dewan juri langsung memberikan penilaian terhadap tiap burung yang dilombakan di lapangan B. Namun sayang, burung milik Anies tidak lolos babak final.

Sebagaimana diketahui Pemprov DKI Jakarta hari ini menggelar Lomba Kicau Burung sebelum digelarnya Piala Gubernur Jakarta. Perlombaan ini dalam rangka Jakarta Hajatan ke-495 tahun 2022 sekaligus memperingati hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi dari komunitas pencinta burung seperti komunitas Branjes Batavia, B16, NZR, Ebod Jaya, dan komunitas burung lainnya. Adapun rangkaian kegiatan Lomba Kicau Burung ini terdiri atas Pra-Piala Gubernur yang akan dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2022.

"Lomba Kicau Burung Pra-Piala Gubernur berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 4.000 orang dari komunitas pecinta burung," kata Eli dalam keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Eli menuturkan lomba ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat menjaga kelestarian burung, khususnya jenis burung yang hampir punah serta jarang ditemukan di habitat aslinya.

"Seperti burung jenis anis merah. Burung endemik Jawa dan Bali ini memang sulit dikembangbiakkan. Kelas lombanya pun jarang diadakan," ujarnya.

Dalam Lomba Kicau Burung Pra-Piala Gubernur ini, ada beberapa kelas yang diadakan. Di Lapangan A, ada kelas burung murai batu, cucak hijau, lovebird, kacer, konin, crukcukan, dan tledekan.

Sedangkan untuk Lapangan B, kelas burung murai batu borneo, anis merah, kenari, jalak suren, dan SRDC (Sikatan Rimba Dada Cokelat). Di Lapangan C, ada kelas branjangan parva dan branjangan java.

"Dalam kegiatan ini, kami juga menghadirkan bazar UMKM binaan Jakpreneur yang menyediakan produk-produk lokal berkualitas. Sehingga, harapannya, kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyarakat." ujarnya.

Lebih lanjut Suharini menjelaskan, masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar melalui komunitas Branjes Batavia dengan menghubungi nomor 0858-8830-0300 (Bang Bjo) atau mendaftar secara langsung pada hari pelaksanaan, 7 Agustus 2022, sejak pukul 07.00 WIB.

Selain kegiatan utama Lomba Kicau Burung tanggal 7 Agustus, akan dilaksanakan pula kegiatan city tour ke Jakarta International Stadium (JIS) bagi perwakilan peserta lomba pada 6 Agustus 2022.

Simak juga 'Anies Duet dengan AHY di 2024?':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT