Nasib WNI di Kapal Sky Fortune: 7 Bulan Tanpa Gaji, Kena Penyakit Kulit

ADVERTISEMENT

Nasib WNI di Kapal Sky Fortune: 7 Bulan Tanpa Gaji, Kena Penyakit Kulit

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 20:11 WIB
MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)
MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Foto: dok. Istimewa)

Mereka makan dari beras yang diambil dari muatan. Beras itu adalah beras yang terendam air laut. "Beras muatan yang rusak tidak layak, karena bau," kata dia.

Pada 31 Juli lalu, KBRI Manila mengirimkan makanan berupa mi instan, roti, air minum, dan biskuit.

Maret lalu, pihak keluarga awak kapal sudah melakukan pertemuan virtual via Zoom dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila. Selanjutnya, KBRI Manila mengunjungi kapal MV Sky Fortune itu di Tabaco. Keluarga May juga mengadu ke Federasi Pekerja Transport Internasional (ITF). Namun hingga kini, ayah May dan lima WNI lainnya masih tertahan di kapal itu.

"Kapal sempat bersandar sepekan di dermaga, tapi setelah itu kembali ke tengah laut. Soalnya, warga protes akan bau yang ditimbulkan dari kapal. Berasnya rusak terendam air dan minyak, maka kapalnya menjadi bau," kata May.

MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)

Dia berharap ayahnya dan lima WNI lainnya bisa segera diselamatkan. Keluarga membutuhkannya. Dia menyatakan ayahnya adalah pekerja yang sah dengan perjanjian kerja perusahaannya.

"Mohon doa dan bantuannya ya, semoga kasus ini dapat segera selesai. Karena kami harus melanjutkan hidup dan pendidikan namun bagaimana caranya jika tidak mendapatkan gaji satu bulan pun. Terlebih kondisi kru Indonesia yang berada di kapal sangat mengkhawatirkan," kata May.


(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT