ADVERTISEMENT

Pujian Prabowo ke Jokowi Gegara Sinyal Endorse? Relawan Bilang Begini

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 05 Agu 2022 15:31 WIB
Andi Gani bersama Presiden Jokowi
Andi Gani bersama Presiden Jokowi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku kagum terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dianggapnya sebagai pemimpin Indonesia paling bekerja keras. Relawan Jokowi memandang Prabowo memuji Jokowi bukan karena di-endorse.

Pujian kepada Jokowi itu disampaikan Prabowo dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD seperti ditayangkan di akun YouTube PPAD TNI, Jumat (5/8/2022). Prabowo menyebut Jokowi kurus-kurus tapi energetik.

"Saya ini, Saudara tahu kan, saya ini lawannya Pak Jokowi, dua kali. Tapi setelah saya masuk kabinet, saya anak buah beliau, saya jadi saksi, saya lihat beliau salah satu pimpinan Indonesia yang paling keras kerjanya," ucap Prabowo.

"Saya ndak tahu energinya di mana, kurus begitu, tapi mungkin karena kurus beliau energik, tidak pernah berhenti. Kalau saya datang ke Istana rapat, beliau sudah tiga pertemuan sebelum saya datang. Jadi, salah satu yang saya respek beliau, beliau berhasil menyusun satu tim yang hebat-hebat," lanjut dia.

Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea, mengaku belum melihat adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi meski Prabowo memuji Jokowi. Menurutnya, Jokowi saat ini masih pada tahap penjajakan suksesornya.

"Sinyal khusus kalau pendapat saya pribadi belum ada, karena menurut saya Pak Jokowi sedang melakukan penjajakan dengan cermat, saya yakin Presiden akan menentukan yang terbaik dan kami loyalis siap menjaga pilihan tersebut," kata Andi saat dihubungi, Jumat (5/8/2022).

Andi mengatakan Jokowi selama ini tidak hanya dekat dengan Prabowo. Dia menilai Jokowi juga dekat dengan tokoh lain, seperti Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Anies Baswedan.

"Kedekatan dengan beberapa calon presiden dapat saya jabarkan lagi, dengan Mas Ganjar beliau sering melakukan kegiatan bersama dalam berbagai peninjauan, dengan Mbak Puan Maharani pun kita melihat Presiden sering mengajak Mbak Puan untuk mendampingi dalam berbagai kegiatan, juga dengan Prabowo dan Anies Baswedan," ucap dia.

Kedekatan itu, kata dia, hanya sebatas sikap Jokowi menganalisis calon penerusnya di 2024. "Saya melihat Pak Jokowi sedang menganalisis tentunya suksesor kepemimpinan beliau dengan sangat cermat untuk melanjutkan legacy beliau," imbuhnya.

Lihat video 'Prabowo: Ternyata Keputusan Saya Gabung Jokowi Tidak Salah!':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT