ADVERTISEMENT

PD Kritik Petugas KAI Rekam Wanita di Toilet Berakhir Damai: Proses Hukum!

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 08:39 WIB
Despair. The concept of stopping violence against women and human trafficking,  International Womens Day
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang)
Ciamis -

Oknum petugas kebersihan kepergok saat akan merekam seorang penumpang wanita di toilet Stasiun KA Ciamis. Wasekjen Partai Demokrat (PD) Irwan meminta kasus itu diproses hukum.

"Ini tidak bisa ditolerir, tidak boleh mentang-mentang petugas KAI lalu berakhir damai. Harus ada penegakan hukum agar berefek jera dan adil bagi korban siapapun ke depan," ujar Irwan kepada wartwan, Rabu (3/8/2022).

Irwan menambahkan KAI harus melanjutkan proses hukum agar tidak terjadi kejadian serupa di kemudian hari. Menurut anggota Komisi V DPR RI itu, kasus ini adalah aib bagi KAI.

"Kasus perekaman petugas ini bisa jadi momentum bersih-bersih oknum oleh KAI. Jangan berakhir damai," tutur Irwan.

Irwan menilai layanan transportasi kereta api sejauh ini belum ramah dan nyaman bagi anak-anak dan perempuan. Kaum perempuan, terang Irwan, masih rentan dari kejahatan kekerasan seksual dan pelecehan seksual.

"Perbuatan oknum petugas kereta api yang melakukan kejahatan dengan merekam penumpang wanita di toilet adalah bukti gagalnya KAI dalam memberikan perlindungan, kenyamanan dan keamanan penumpang," lanjutnya.

Rekam Wanita di Toilet

Aksi oknum petugas KAI merekam wanita di toilet menjadi perbincangan publik usai viral di media sosial. Kini petugas kebersihan itu sudah diberhentikan.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, setelah ada laporan kejadian tersebut, pihaknya bertindak. Ia menjelaskan pelaku adalah petugas kebersihan yang dipekerjakan oleh PT KAI Services Anak perusahaan PT KAI (Persero).

"Malam itu juga pelaku sudah diberhentikan dari pekerjaannya," ujar Kuswardoyo.

Kuswardoyo mengungkapkan pelaku juga sudah menerima sanksi lain. Yang bersangkutan tidak dapat lagi menggunakan jasa layanan kereta api.

"Nomor NIK yang bersangkutan sudah kami blacklist," katanya.

Lihat juga video 'Dorongan Nafsu Berahi, Remaja di Tasik Nekat Rekam Wanita Mandi':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT