ADVERTISEMENT

Penceramah yang Sebut 'Pancasila Hasil Pengkhianatan Sukarno' Dipolisikan

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 21:15 WIB
Bamusi PDIP melaporkan penceramah ke Polda Metro Jaya.
BBHAR melaporkan penceramah ke Polda Metro Jaya. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Badan Bantuan Hukum & Advokasi Rakyat (BBHAR) PDIP DKI Jakarta melaporkan ustaz berinisial AZ ke Polda Metro Jaya. Ustaz AZ dipolisikan terkait dugaan penyebaran hoax dalam ceramah yang membawa-bawa nama proklamator Bung Karno.

"Yang kita laporkan itu di Pasal 14 UU RI Nomor 1 Tahun 1946, yaitu soal menyiarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat," kata Kepala BBJAR PDIP DKI Jakarta Marthin Pasaribu selaku pelapor, saat dihubungi wartawan, Rabu (3/8/2022).

Marthin mengatakan pihaknya awalnya menemukan adanya video ceramah AZ yang viral di media sosial. Dalam ceramah tersebut, Ustaz AZ menyebut Pancasila bukan produk ulama dan Sukarno adalah pengkhianat.

"Jadi KH AZ ceramah dan menyebutkan Pancasila itu adalah bukan produk dari ulama dan kita dengar kata-kata Sukarno pengkhianat Pancasila," katanya.

Video itu diketahui pihak pelapor pada 28 Juli 2022. Potongan video ceramah AZ itu menjadi barang bukti yang turut dilampirkan dalam laporan PDIP DKI Jakarta ke Polda Metro Jaya.

"Jadi yang kita serahkan ke penyidik itu berupa video, terus screenshot berita online," katanya.

Marthin menjelaskan alasan pihaknya melaporkan Ustaz AZ ini. Sebab, menurut Marthin, ceramah Ustaz AZ itu berpotensi menimbulkan keonaran.

"Karena kita khawatir ini jadi keonaran, maka biarlah ini menjadi ranah kepolisian, makanya kita laporkan. Soalnya sudah beredar di media sosial," terang Marthin.

Marthin menambahkan, laporan terhadap AZ ini merupakan inisiatif dari kader PDIP. Laporan itu kini telah diterima pihak Polda Metro Jaya. Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/3980/VII/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

"Ini spontan dari para kader partai pewaris ideologi Bung Karno. Kita khawatir ini menjadi keonaran di masyarakat," katanya.

Saksikan juga d'Mentor On Location: Melirik Peluang Bisnis Arang

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT