Menguat Sinyal Jokowi Dukung Prabowo di 2024

ADVERTISEMENT

Menguat Sinyal Jokowi Dukung Prabowo di 2024

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 21:08 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Biro Pers Setpres).
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Menguat sinyal Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Jokowi dinilai semakin dekat dan mesra dengan Menteri Pertahanan (Menhan)-nya itu.

Kebersamaan Presiden Jokowi dan Ketum Partai Gerindra itu kembali tertangkap kamera. Tak hanya sekali keduanya tampak mesra dalam suatu acara. Tafsir atas kemesraan kedua tokoh tersebut bermunculan.

Terakhir, dalam rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia yang bertemakan 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. Jokowi menyampaikan rasa syukur dapat memperingati 77 tahun Indonesia merdeka di tengah kondisi dunia yang masih tidak baik-baik saja karena pandemi COVID-19.

"Inilah yang sekarang ini menyebabkan 333 juta orang kelaparan dan mungkin 6 bulan lagi bisa 800 juta orang akan kelaparan dan kekurangan makan akut karena tidak ada yang dimakan," ujar Jokowi.

Saat berkunjung ke Ukraina, Jokowi mengatakan banyak stok gandum yang tertahan akibat perang. Jumlahnya mencapai puluhan juta ton.

"Saya saat itu ke Ukraina ketemu Presiden Zelensky. Dia cerita kepada saya ada stok di Ukraina, stok di gudang 22 juta ton, stok dalam proses panen 55 juta ton. Artinya, 77 juta gandum diam di Ukraina nggak bisa keluar karena perang," ujar Jokowi.

Dalam foto-foto yang dibagikan tim media Prabowo Subianto, tampak Ketua Umum Partai Gerindra itu mengobrol akrab dengan Presiden Jokowi. Terlihat juga Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah ulama dalam foto tersebut.

Momen ini menambah panjang daftar keakraban Jokowi dan Prabowo. Sebelum acara zikir kebangsaan, Jokowi dan Prabowo akrab di momen Idul Adha, Minggu (10/7/2022). Kemudian, saat HUT Bhayangkara pada 5 Juli lalu, Jokowi dan Prabowo juga akrab.

Jokowi sempat menyapa Prabowo sebelum upacara peringatan dinyatakan usai. Prabowo, yang juga warga kehormatan Brimob Polri, langsung memberikan salam hormat kepada Jokowi sembari menunggu sang kepala negara menghampirinya.

Tanggapan Gerindra

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mulanya mengatakan hubungan baik yang terjalin antara sang ketum dan Jokowi merupakan hal yang seharusnya terjadi dan wajar. Dasco memandang hubungan baik itu tak terlepas dari posisi Prabowo sebagai menteri di kabinet Jokowi.

"Saya pikir hubungan mesra dan baik ini adalah hal yang seharusnya dan wajar, karena ini adalah tim yang bekerja sama di dalam Kabinet Indonesia Maju di mana komandonya Pak Jokowi. Dan sebagai salah seorang pembantu presiden ya tentunya harus menjaga, saling menjaga hubungan baik dua arah di kedua belah pihak," kata Dasco saat dihubungi, Rabu (3/8).

Dasco menyebut kedekatan kedua rival di pemilu terakhir itu penting bagi negara. Perihal persepsi publik soal kedekatan Jokowi dan Prabowo, Dasco tidak mempermasalahkannya.

"Bahwa kemudian dalam momen-momen publik melihat bahwa tampak kian mesra dan dinilai ada sinyal-sinyal atau apa pun itu ya itu sih sah-sah saja. Namun yang harus kita sama-sama syukuri adalah bahwa di dalam Kabinet Indonesia Maju, hubungan kedua orang ini mesra dan baik-baik saja itu yang penting buat negara kita," ujarnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT