ADVERTISEMENT

PayPal hingga Steam Telah Dibuka, Menkominfo Ingatkan soal Sanksi Blokir

Silvia Ng - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 16:41 WIB
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan telah membuka blokir untuk PayPal dan Steam terkait pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Namun Johnny pun mengingatkan soal adanya sanksi bagi aplikasi-aplikasi yang kini telah diizinkan di Indonesia.

"PayPal telah dibuka aksesnya sejak hari Minggu, 31 Juli 2022, pada pukul 08.00 WIB," katanya kepada wartawan saat konferensi pers di gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).

Tak hanya PayPal, lanjut Johnny, akses Yahoo dan Valve Corp, yang menaungi Steam, CS GO, dan Dota, juga telah dinormalisasi sejak Selasa, 2 Agustus 2022, pukul 08.30 WIB. Johnny menambahkan, pelaksanaan pendaftaran PSE di Indonesia sampai hari ini, Rabu (3/8), pukul 12.00 WIB, tercatat 9.308 PSE domestik dan 289 PSE asing yang telah terdaftar di Indonesia.

"Sistem elektronik tersebut didaftarkan oleh 5.611 PSE privat atau lingkup privat di Indonesia," tutur dia.

Menkominfo kemudian mengingatkan soal sanksi bagi aplikasi atau pemberi layanan PSE. Sanksi administrasi bisa berupa teguran hingga pemblokiran.

"Kalau sudah terdaftar, maka PSE tersebut menjadi legal, dan beroperasi secara legal di Indonesia. Namun demikian, apabila dalam PSE tersebut masih terdapat atau akan terdapat kegiatan yang melanggar, dan tidak sesuai dengan UU, dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tentu akan dilakukan tindakan-tindakan administratif," katanya.

"Mulai dari tindakan administratif yang paling ringan berupa teguran, sampai administrasi yang paling berat dalam bentuk pemutusan akses," katanya.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT