ADVERTISEMENT

Adu Perspektif: Dilema Jokowi, Antara Politik Relawan dan Politik Partai

Edward F. Kusuma - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 14:01 WIB
Jakarta -

Jelang konstelasi Pilpres 2024 mesin kekuatan relawan Jokowi dan partai politik mulai panas. Konsolidasi relawan hingga pertemuan antar ketua umum partai politik mewarnai fondasi dan kekuatan politik satu pekan terakhir di media masa.

Kabar terbaru, Jumat (29/7) lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah relawan di Istana Bogor. Pertemuan ini berlangsung tertutup dan dihadiri sejumlah pimpinan relawan Jokowi seperti Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi Andi Gani, Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budihardjo, Sekjen Projo Handoko, hingga Ketua Umum Bara JP Utje Gustaat.

"Presiden juga menyampaikan kepada kami untuk tidak terburu-buru menyampaikan sikap politik," ujar Andi Gani.

Selain mengumpulkan para relawan, usai lawatan ke luar negeri Presiden Jokowi juga dikabarkan akan hadir dalam Musyawarah Rakyat (Musra) I yang diadakan relawan 27 Agustus 2022 nanti di Bandung, Jawa Barat. Ia disebut bakal ajak relawan membahas dukungan capres 2024.

"Kemudian hasil dari Musra itu nanti akan kami sampaikan ke Pak Presiden. Jadi output dari Musra itu adalah masukan kami kepada Presiden," ujar Sekjen Projo Handoko.

Tak ingin kalah saing, Beberapa partai politik mulai membangun fondasi dan kekuatan politik menyongsong perhelatan pilpres 2024. Pembentukan koalisi mulai mengerucut ke beberapa nama dengan elektabilitas yang tinggi. Pilihan ini membuat posisi Jokowi berdiri di antara pilihan relawan dan partai politik. Lalu apakah ini ancaman bagi partai politik? Apa yang ingin ditunjukkan Jokowi ke publik dan partai?

Adu perspektif kolaborasi detikcom dan Total Politik malam ini mengangkat tema "Dilema Jokowi, Antara Politik Relawan dan Politik Partai" bersama Budi Arie Setiadi Ketum Projo, Rizal Ramli Ekonom Senior, Politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon, Zulfan Lindan Politikus Nasdem, Adi Prayitno Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia dan Edbert Gani Peneliti Politik CSIS. Saksikan secara langsung melalui kanal YouTube dan web detikcom Rabu, 3 Agustus 2022 pukul 19.30 WIB.

Simak juga 'Musyawarah Rakyat Projo Diramal Jadi Bibit Partai Besutan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]




(edo/ids)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT