ADVERTISEMENT

Respons Elite PD, Senior PDIP Minta Kader Tak Jemawa Hadapi Pemilu 2024

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 12:55 WIB
wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) merespons elite Partai Demokrat Kamhar Lakumani yang mengatakan tak ada jaminan partai berkuasa otomatis menang pemilu lagi. Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menilai pernyataan Kamhar logis.

"Pernyataan yang wajar dan logis. Tidak ada yang otomatis. Prestasi itu buah dari konsistensi, gotong royong, kerja keras, dan soliditas seluruh kader dan simpatisan," kata Hendrawan saat dihubungi, Rabu (3/8/2022).

Hendrawan meminta para kader menyikapi pernyataan Kamhar tersebut. Dia menginstruksikan seluruh kader PDIP tidak jemawa dan lupa diri lantaran saat ini PDIP menjadi partai nomor wahid secara nasional.

"Kepada seluruh kader, kami menginstruksikan untuk tidak jemawa, tidak lupa diri dan lalai, meski hasil survei selalu menunjukkan hal yang menggembirakan. Kader diperintahkan untuk terus turun ke bawah, menghadirkan wajah partai yang melayani dan menyatu dengan rakyat," ucapnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi XI DPR ini menilai tak ada yang salah dengan pernyataan Kamhar. Pernyataan itu, kata dia, justru jadi peringatan terhadap PDIP.

"Tak salah karena pernyataan tersebut mendorong kami untuk selalu waspada dan disiplin dalam krida-krida politik," ujarnya.

PD Sorot Harapan PDIP Hattrick Pemilu

Sebelumnya, PDIP menargetkan hattrick menang pemilu pada 2024. Kamhar Lakumani bicara wajar PDIP memasang target menang walaupun belum jadi jaminan.

"Adalah wajar jika semua parpol peserta pemilu memasang target dan harapan untuk menjadi pemenang pemilu. Termasuk PDIP yang memasang target hattrick atau kemenangan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut," kata Kamhar saat dihubungi, Selasa (2/8).

Kamhar tak heran jika PDIP memasang target tinggi di Pemilu 2024. Meskipun demikian, Kamhar mengungkit posisi partai berkuasa--yang kini dipegang PDIP--tak jadi jaminan bahwa akan otomatis menang lagi.

"Sebagai partai yang sedang berkuasa tentunya memasang target tinggi seperti ini wajar-wajar saja. Meskipun tak selalu menjadi jaminan bahwa jika sedang memegang kekuasaan otomatis akan menjadi pemenang pemilu," ucapnya.

Lihat juga video 'Wanti-wanti KPU soal Kelengkapan Dokumen Pendaftaran Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/fca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT