ADVERTISEMENT

Wapres Ma'ruf Terima Usulan Nama Pj Gubernur di 3 Provinsi Baru Papua

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 10:38 WIB
Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menerima usulan nama-nama yang akan menjabat Pj gubernur di tiga provinsi baru di Papua. Nama-nama ini disebut disampaikan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

"Belum dibahas secara detail, tetapi bapak Mendagri memang juga sudah melaporkan mengenai siapa yang akan menjadi pemimpin di wilayah-wilayah baru," ujar juru bicara Wapres Masduki Baidlowi, dalam video di kanal YouTube Wakil Presiden, Rabu (3/8/2022).

Nama-nama tersebut diketahui disampaikan Tito saat Ma'ruf memimpin rapat terbatas tentang Papua di Istana Wapres, Selasa (2/8). Meski begitu, Masduki menyebut nama-nama yang diberikan masih berupa masukan.

"Aspirasinya sudah banyak katanya, beberapa tokoh, disebutkan beberapa nama tapi semuanya masih belum ada yang bersifat final. Semua disampaikan tapi belum ada yang bersifat final semuanya masih masukan," kata Masduki.

Namun, Masduki tidak merinci terkait siapa saja nama-nama yang diusulkan. Masduki mengatakan saat ini Ma'ruf Amin fokus pada persiapan pembangunan hingga aturan hukum di tiga provisi tersebut.

"Lebih kepada Wapres concern dengan upaya persiapan di lapangan, utamanya dalam membangun infrastruktur dan aturan-aturan supaya tidak ada konflik di daerah itu. Itu yang lebih diutamakan Wapres," tuturnya.

"Sampai saat ini lebih kepada kesiapan-kesiapan infrastruktur dan menghadapi tantangan-tantangan yang sifatnya tidak mudah," ujarnya.

Lihat juga video 'Pengamat Kritik TNI-Polri Aktif Jadi Pj Kepala Daerah':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT