ADVERTISEMENT

Andi Arief: PD Tak Buang Cellica, Dia Disiapkan Jadi Cagub atau Cawagub

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 10:25 WIB
Andi Arief (dok. Andi Arief).
Andi Arief (Foto: dok. Andi Arief)
Jakarta -

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menegaskan Demokrat tidak membuang Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, yang kalah di musyawarah cabang atau muscab partai. Andi Arief menegaskan Cellica justru disiapkan untuk jabatan yang lebih tinggi.

Andi Arief membeberkan ada strategi di lingkup internal Demokrat soal pimpinan daerah, khususnya DPC, yang hanya bisa menjabat dua periode. Dia menyebut para pimpinan daerah yang sukses, termasuk Cellica, akan disiapkan untuk jenjang lebih tinggi.

"Khususnya Cellica, kita berharap bahwa dua kali periodenya ini sudah sukses membawa pemerintahannya dan sekarang dia akan akhiri pemerintahannya itu kita harap dia akan lebih leluasa muter Jawa Barat dengan posisi barunya, bukan sebagai Bupati Karawang dan bukan sebagai Ketua DPC Karawang, tapi sebagai kandidat nantinya atau yang mampu bersosialisasi jelang pemilu ke seluruh kabupaten di Jawa Barat," kata Andi Arief kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Andi Arief mengatakan aturan pimpinan partai di daerah hanya dua periode merupakan perjanjian tidak tertulis. Namun dia menegaskan tidak ada salahnya juga jika akhirnya sang petahana lanjut tiga periode di kepemimpinan partai tingkat daerah.

"Apakah tiga periode melanggar? Tidak, tetapi menjadi ketua DPC dan ketua DPD itu ada tujuannya, kursinya, kemudian memiliki fraksi di parlemen dan bisa bangun hubungan baik dengan partai-partai lainnya," kata dia.

Lebih lanjut Andi Arief menyebut Cellica sudah selesai dan sukses menjalankan perannya sebagai pimpinan daerah. Menurutnya, sekarang saatnya Cellica ke jenjang yang lebih tinggi.

"Jadi kalau di luaran (disebut) PD membuang Ibu Cellica, ya nggak benar. Mana mungkin kader yang baik kami buang. Kita punya strategi khusus yang mau nggak mau harus dipatuhi para kadernya," jelasnya.

"Memang keliatan seperti membuang, tapi tidak, kita punya strategi dan sekarang kita perhatikan di Karawang ini Ibu Cellica bukan hanya sukses di pemerintahan, tapi juga menghasilkan banyak kader. Kesuksesan itu membuat Cellica harus naik kelas, bukan dibuang, Cellica dipersiapkan menjadi salah satu kandidat gubernur/wagub," lanjut dia.

(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT