ADVERTISEMENT

Perseteruan Gus Samsudin Vs Pesulap Merah Picu Sentilan Nahdlatul Ulama

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 07:43 WIB
Pesulap Merah dan Gus Samsudin
Pesulap Merah dan Gus Samsudin (Tangkapan layar/YouTube Padepokan Nur Dzat Sejati)
Jakarta -

Perseteruan Gus Samsudin versus Pesulap Merah membuat ormas Islam terkemuka di Indonesia bersuara. Adalah Nahdlatul Ulama (NU) yang menyentil masalah ini.

Gus Samsudin punya Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sedangkan Pesulap Merah merupakan YouTuber yang punya konten membongkar kebohongan dukun-dukun. Nama asli pria berpenampilan merah-merah itu adalah Marcel Radhival.

Dilansir detikJatim, para warga menuntut padepokan itu ditutup karena diduga melakukan penipuan bermodus pengobatan. Sebelumnya, Pesulap Merah juga kerap membongkar aksi spiritual Gus Samsudin. Bahkan Pesulap Merah terang-terangan meminta Gus Samsudin membuktikan kesaktiannya. Namun Gus Samsudin enggan menutup padepokannya.

Warga berdemonstrasi meminta agar padepokan Gus Samsudin ditutup. Alasan aspirasi mereka, padepokan itu banyak menipu warga dengan modus pengobatan, bukan karena soal viralnya perseteruan dengan Pesulap Merah. Mediasi di Polsek Lodoyo Barat tidak membuat Gus Samsudin mau menutup padepokannya.

"Kalau saya tidak melanggar hukum, saya tidak akan melakukan apa pun yang bertentangan dengan hukum. Saya akan berpijak dengan kaki saya sendiri," kata Gus Samsudin seusai mediasi di Polsek Lobar, Minggu (31/7).

Simak video 'Polisi Mediasi Warga Vs Gus Samsudin soal Padepokan Nur Dzat Sejati':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, situs desa diretas:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT