ADVERTISEMENT

PAN soal Golkar Mau Airlangga Jadi Capres: Ketum KIB Punya Peluang Sama

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 07:10 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyebut Golkar akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres 2024. PAN, yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP, menyebut semua ketum umum partai di KIB memiliki peluang sama sebagai capres.

"Di KIB, semua ketua umumnya memiliki hak dan peluang yang sama untuk dicalonkan di Pilpres 2024. Di PAN Bang Zulkifli Hasan, Golkar ada Pak Airlangga Hartarto, dan di PPP ada Bang Suharso Monoarfa," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Viva menyebut KIB akan menilai bagaimana dinamika politik menjelang Pemilu 2024. Dia mengatakan sosok di internal KIB menjadi prioritas untuk diusung.

"KIB lebih memprioritaskan mencalonkan kader internal sendiri. Meskipun begitu, KIB juga memonitor figur di luar KIB," ujarnya.

Viva mengatakan keputusan soal capres dari KIB akan dibahas bersama. Viva menilai sosok capres tak menjadi masalah besar bagi KIB.

"Nanti bila pada waktunya akan ditentukan siapa yang akan dicalonkan KIB. Keputusan KIB nanti secara aklamasi, musyawarah mufakat, tidak voting. Pencalonan figur di pilpres tidak akan menjadi faktor pemecah-belah soliditas KIB," imbuhnya.

Capres Golkar Airlangga Hartarto

Bamsoet sebelumnya menyatakan Golkar sudah final akan mengusung ketumnya, Airlangga Hartarto, sebagai capres.

"Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar capresnya adalah Airlangga Hartarto," kata Bamsoet kepada wartawan di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (2/8).

Simak juga video 'KIB Kompak Daftar ke KPU, AHY: Yang Lebih Penting Bukan Hanya Simbolisasi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT