ADVERTISEMENT

Irjen Pastikan Beras yang Dikubur di Depok Bukan Bansos dari Kemensos

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 18:45 WIB
Jakarta -

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Sosial (Kemensos) memastikan beras yang dikubur di Depok bukan dari Bantuan Presiden (Banpres) melalui Kemensos. Dia mengklaim beras itu tak memiliki label Banpres Kemensos.

Dadang menyebut sejatinya Bantuan Presiden lewat Kemensos itu dipasangi label stiker. Sementara beras temuan di Depok tidak ada stiker yang dimaksud.

"(Milik Kemensos) Itu ada tertera stiker Bantuan Presiden melalui Kementerian Sosial. Nah, ini yang kami coba tandai di lapangan. Tadi saat kami di lapangan, kami foto juga, kami tidak menemukan (label) itu," jelas Dadang Iskandar kepada wartawan di Gedung Kemensos, Selasa (2/8/2022).

Kemudian, Dadang menyebut pihaknya telah mencocokkan beras temuan di Depok itu dengan milik Kemonsos. Dia menyebut paket kemensos itu terbagi dalam bentuk 20 Kg dan 5 Kg, serta dilabeli 'Bantuan Presiden melalui Kemansos'.

"Pertama karung beras, memang ada 20 kg, ada 5 kg. Seingat kami saat bantuan itu diluncurkan untuk beras 20 kg, itu ada tulisan 'Bantuan Presiden melalui Kemensos'," jelasnya.

Bansos Bukan Hanya Dari Kemensos

Dadang menjelaskan, pihaknya sempat melakukan penelusuran kembali lokasi penimbunan beras tersebut. Hal itu disebut lantaran Kemensos masih belum meyakini bansos itu milik Kemensos.

"Langkah yang dilakukan Kemensos dalam melakukan penyaluran Bansos ini khususnya Bansos Presiden untuk wilayah Jabodetabek ini masih belum meyakini (temuan ini) punyanya Kemensos," jelas Dadang.

Dadang menyebut berdasarkan data Bulog, instansi pemberi bantuan tak hanya Kemensos. Menurutnya, ada berbagai pihak yang ikut memberikan bansos berupa telur dan gula.

"Karena penjelasannya dari pihak Bulog, bahwa bantuan ini bukan hanya dari Kemensos. Ada juga dari Pemda pun melakukan pemberian bantuan yang sejenis ada gula, ada telur. Kalau Kemensos sendiri tidak ada telur tidak ada tepung," kata Dadang.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT