ADVERTISEMENT

Sejarah Istana Merdeka Jakarta: Lokasi dan Fungsi Istana

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 14:56 WIB
Sejarah Istana Merdeka Jakarta dapat diketahui lewat ulasan berikut ini. Istana Merdeka adalah rumah atau tempat kediaman untuk Presiden Republik Indonesia.
Sejarah Istana Merdeka Jakarta: Lokasi dan Fungsi Istana (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Sejarah Istana Merdeka Jakarta dapat diketahui lewat ulasan berikut ini. Istana Merdeka adalah rumah atau tempat kediaman untuk Presiden Republik Indonesia.

Istana Merdeka ini tidak sama dengan Istana Negara Jakarta. Lantas, apa bedanya? Bagaimana sejarah terbentuknya Istana Merdeka? Simak informasinya berikut ini.

Sejarah Istana Merdeka, Catat Dulu Lokasinya

Sebelum mengetahui informasi sejarah Istana Merdeka, mari kita ketahui lokasi Istana Merdeka. Letak Istana Merdeka berada di satu kawasan dengan Istana Negara. Istana Merdeka terletak di Jalan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat dan menghadap ke Taman Monumen Nasional.

Bangunan Istana Merdeka tentu berbeda dengan Istana Negara. Istana Negara terletak di Jalan Veteran, Jakarta Pusat dan menghadap ke arah Sungai Ciliwung. Istana ini membelakangi Istana Merdeka.

Sejarah Istana Merdeka Jakarta dapat diketahui lewat ulasan berikut ini. Istana Merdeka adalah rumah atau tempat kediaman untuk Presiden Republik Indonesia.Istana Merdeka adalah rumah atau tempat kediaman untuk Presiden Republik Indonesia. Simak informasi sejarah Istana Merdeka. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Istana Merdeka Berdiri Sejak Zaman Hindia Belanda

Dilansir situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Istana Merdeka terletak di Jalan Merdeka Utara dan menghadap ke Taman Monumen Nasional. Pada zaman pemerintah Hindia-Belanda pada waktu itu, bangunan Istana Negara dianggap kurang memenuhi syarat keperluan, sehingga perlu mendirikan bangunan lagi.

Melalui arsitek Drossares pada tahun 1873, yaitu pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Louden, didirikan bangunan lain yang baru selesai pada tahun 1879, tepat pada pemerintahan Gubernur Jenderal Johan Willem van Landsbarge. Bangunan tersebut dikenal dengan nama Istana Gambir atau yang sekarang dikenal dengan Istana Merdeka.

Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia, istana ini menjadi tempat penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949. Republik Indonesia Serikat diwakili oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, sedangkan Kerajaan Belanda diwakili oleh A.H.J. Lovink, Wakil Tinggi Mahkota di Indonesia.

Istana Merdeka: Kediaman Resmi 3 Presiden RI

Pada 28 Desember 1949, Presiden RI Soekarno beserta keluarga tiba di Jakarta dari Yogyakarta dan tinggal di Istana Merdeka untuk pertama kalinya. Selain itu, Presiden Republik Indonesia lainnya yang juga pernah menempati Istana Merdeka sebagai kediaman resmi adalah:

  • Presiden RI Abdurrahman Wahid (Presiden Keempat)
  • Presiden RI Joko Widodo (Presiden Ketujuh)

Apa Bedanya Istana Merdeka dengan Istana Negara?

Jika Istana Merdeka berfungsi sebagai tempat tinggal Presiden RI, Istana Negara memiliki kegunaan lain. Istana Negara lebih berfokus sebagai tempat kegiatan resmi kepresidenan, seperti:

  • Pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara
  • Pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional
  • Pembukaan kongres bersifat nasional dan internasional
  • Tempat jamuan kenegaraan
  • Tempat acara jamuan makan Presiden RI dan para veteran saat acara peringatan 17 Agustus.

Demikian informasi sejarah Istana Merdeka beserta fungsinya. Semoga bermanfaat.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT