Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Simak Info Lengkapnya

ADVERTISEMENT

Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Simak Info Lengkapnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 13:58 WIB
Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Simak Info Lengkapnya
Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Simak Info Lengkapnya | Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Jakarta -

Kapan bendera merah putih dikibarkan? Ini menjadi pertanyaan bagi sebagian masyarakat. Hal ini sehubungan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Untuk menjawab pertanyaan kapan bendera merah putih dikibarkan pada peringatan HUT RI tahun 2022 dan mengetahui lebih lanjut tentang sejarah kapan bendera merah putih dikibarkan, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Menyambut HUT RI ke-77 Tahun 2022

Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan peringatan HUT RI ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022, pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat berpartisipasi dengan melaksanakan beberapa hal. Termasuk salah satunya adalah dengan mengibarkan bendera merah putih di lingkungan masing-masing.

Dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, disebutkan kapan bendera merah putih dikibarkan dalam peringatan HUT RI tahun 2022. Masyarakat diminta untuk turut berpartisipasi dengan mengibarkan bendera merah putih secara serentak mulai pada tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Selain pemasangan bendera merah putih, masyarakat juga dapat turut serta memperingati Dirgahayu Republik Indonesia tahun 2022 dengan memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, di lingkungan masing-masing. Pemasangan itu dilakukan pula secara serentak mulai tanggal 20 Juli sampai dengan 31 Agustus 2022.

Kapan Bendera Merah Putih Dikibarkan? Ketika Proklamasi Kemerdekaan RI

Kapan bendera merah putih dikibarkan dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-77 tahun 2022 sudah diketahui. Selanjutnya mari membahas tentang sejarah kapan bendera merah putih dikibarkan ketika masa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, sejarah kapan bendera merah putih dikibarkan ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi), Jakarta, oleh Latief Hendraningrat dan Suhud.

Bendera Pusaka Sang Saka Merah PutihBendera Pusaka Sang Saka Merah Putih | Foto: cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Sejarah Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih

Setelah mengetahui sejarah kapan bendera merah putih dikibarkan ketika Proklamasi Kemerdekaan RI, selanjutnya perlu diketahui pula sejarah bendera merah putih yang dikibarkan kala itu.

Bendera merah putih yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta itu disebut Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Kini, bendera itu disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta. Adapun sejarahnya yang dilansir dari laman Kemendikbud adalah sebagai berikut.

Pada tanggal 12 September 1944, diselenggarakan sidang yang dipimpin oleh Soekarno yang salah satunya membahas tentang pengaturan pemakaian bendera yang sama di seluruh Indonesia. Hasil dari sidang ini adalah pembentukan panitia bendera kebangsaan merah putih dan panitia lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Panitia bendera kebangsaan merah putih menggunakan warna merah dan warna putih sebagai simbol. Merah berarti berani dan putih berarti suci. Kedua warna ini sampai saat ini menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Lalu, atas permintaan Soekarno kepada Shimizu, kepala barisan propaganda Jepang (Sendenbu), Chaerul Basri diperintahkan mengambil kain dari gudang di Jalan Pintu Air untuk diantarkan ke Jalan Pegangsaan Nomor 56 Jakarta. Kain tersebut kemudian dijahit oleh Ibu Fatmawati (istri Presiden Soekarno) menjadi bendera.

Bendera tersebut kemudian dikibarkan ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi), Jakarta. oleh Latief Hendraningrat dan Suhud. Pengibaran Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih itu dilakukan oleh Latief Hendraningrat dan Suhud.

Jadi, kapan bendera merah putih dikibarkan? Dalam rangka menyambut peringatan HUT RI tahun 2022 bendera merah putih mulai dikibarkan pada tanggal 1-31 Agustus 2022. Sementara dalam sejarahnya, bendera merah putih yakni Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih dikibarkan ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Demikian informasinya, semoga bermanfaat.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT