ADVERTISEMENT

PKN Besutan Loyalis Anas Urbaningrum Daftar Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 10:28 WIB
Jakarta -

Pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 memasuki hari kedua. Hanya ada satu partai yang terjadwal dalam pendaftaran hari ini, yaitu Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), yang merupakan besutan loyalis Anas Urbaningrum.

"Untuk info pendaftaran hari ini, informasi yang kami terima, berdasarkan surat yang dikirimkan partai, yaitu ada satu partai, yaitu Partai PKN, Partai Kebangkitan Nusantara," ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Idham menyebut PKN dijadwalkan mendaftar sekitar pukul 14.00 WIB. Namun, jika nanti ada partai lain yang tiba-tiba melakukan pendaftaran, akan diberi kesempatan.

"Misalnya ada parpol yang tiba-tiba mendaftar dan kebetulan waktu kita melayani itu luang, sebenarnya tidak jadi masalah, kita berikan kesempatan," kata Idham.

"Kalau kemarin kami sampaikan agar diberikan satu hari sebelum pendaftaran menyampaikan surat pemberitahuan dalam rangka mengatur waktu pendaftaran agar parpol terlayani sebaik mungkin oleh kami," imbuhnya.

Total sembilan partai politik mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 kemarin. Setelah melakukan pengecekan, KPU RI menyatakan dokumen enam dari sembilan parpol yang mendaftar pada hari pertama dinyatakan lengkap 100 persen.

Keenam parpol tersebut adalah PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, serta Partai Bulan Bintang (PBB). Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik mengatakan pengecekan dilakukan dengan cara mencocokkan data di Sipol.

"Setelah kami menerima dokumen, kami langsung melakukan pengecekan seperti Pasal 173 ayat 3 dan kami hanya menerima dokumen yang lengkap," kata Idham Holik di kantor Komnas HAM, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Sementara itu, tiga parpol lainnya, yakni Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi, dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), masih dilakukan proses pengecekan.

(ain/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT