Bakal ke KPU Bareng PAN dan PPP, Golkar: Daftar Pemilu Saja Kita Kompak

ADVERTISEMENT

Bakal ke KPU Bareng PAN dan PPP, Golkar: Daftar Pemilu Saja Kita Kompak

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 20:33 WIB
Lodewijk Freidrich Paulus
Lodewijk Freidrich (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar akan daftar peserta Pemilu 2024 ke KPU bareng PAN dan PPP pada 10 Agustus nanti. Pendaftaran bareng ketiganya itu untuk menunjukkan kekompakan sesama partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Insyaallah kita akan laksanakan dengan bertiga kami PAN, PPP, dan Golkar akan laksanakan pada tanggal 10 nanti pukul 10.00, kita akan bergerak sama-sama," kata Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, kepada wartawan sebelum menghadiri launching Kanal Pemilu Terpercaya CNN Indonesia di Menara Bank Mega, Jl Kapt Tendean, Jaksel, Senin (1/8/2022).

"Jadi kelihatan daftar pemilu aja kita udah kompak," tambahnya.

Berbicara KIB, Lodewijk menyebut KIB belum menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Tapi, kata dia, Golkar, PAN, dan PPP telah mencalonkan tiap ketua umumnya secara internal.

"Pada dasarnya kita kan belum membicarakan itu, tapi dari aspirasi di daerah dari PAN terutama dengan PPP, mereka telah mencalonkan secara internal. Artinya mengambil dari para ketua umum. Golkar ada Arilangga Hartarto, PPP ada Pak Suharso, dan kemudian PAN ada Pak Zulhas," ucapnya.

"Nah, ini calon-calon internal, kita harapkan karena KIB telah terbentuk kita harapkan yang nantinya akan dikelola karena KIB ini belum membicarakan siapa presiden, siapa calon wakil presiden," tambahnya.

Diketahui, KPU telah membuka pendaftaran parpol sejak hari ini. Berdasarkan Peraturan KPU tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, tahapan pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen persyaratan pendaftaran oleh parpol berlangsung sejak 1 Agustus-14 Agustus 2022.

(fas/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT