ADVERTISEMENT

Gubernur DIY Dorong Realisasi Target Kepesertaan JKN Nasional 2024

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 22:46 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Target kepesertaan JKN secara nasional untuk tahun 2024 berada di angka 98%. Untuk mencapai target tersebut, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hanya membutuhkan sekitar 0,76% saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam keterangannya, Minggu (31/7/2022). Ia mengatakan jumlah tersebut akan segera terpenuhi mengingat angka kepesertaan Jaminan Kesehatan atau BPJS di DIY saat ini sudah mencapai 97,24%.

Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong agar sisa target tersebut dapat terealisasikan. Di sisi lain, Sri Sultan berharap agar 38.000 warga DIY yang belum terdaftar dapat segera mendaftar dengan melakukan proses sesuai prosedur.

Jumlah tersebut, terang Sri Sultan, nantinya juga akan didata guna mengetahui berapa yang berhak terdaftar dalam kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan berapa yang termasuk kategori mandiri.

"Nanti kita lihat apa hasil verifikasi yang 38.000 itu berikut kualifikasinya. Kita lihat kalau memang mereka ada di kategori menengah seharusnya mampu bayar sendiri. Kalau tidak mampu baru nanti silahkan pengajuan untuk kategori PBI," ujar Sri Sultan.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT