Alasan di Balik Ragam Kebaya dan Gaun Nikahan Putri Anies Baswedan

ADVERTISEMENT

Alasan di Balik Ragam Kebaya dan Gaun Nikahan Putri Anies Baswedan

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 16:33 WIB
Ali Saleh Alhuraiby resmi mempersunting anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Berikut ini sosok Ali Saleh Alhuraiby.
Pernikahan Putri Anies Baswedan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan, mengenakan beragam busana pengantin di hari pernikahannya. Busana pengantin dengan sentuhan budaya dan nuansa modern itu mulai dari kebaya kutu baru hingga gaun ala Grace Kelly berwarna putih.

Sejak akad nikah hingga resepsi hari ini, ada sejumlah kebaya dan gaun pengantin yang dikenakan Mutiara dan Ali Saleh Alhuraiby. Busana-busana itu merupakan karya kreator muda seperti Didiet Maulana, Penggawang IKAT Indonesia, Rusli Hadiwinata, Khaanan, Didit Hediprasetyo, hingga Dhita Soebroto.

Berdasarkan keterangan tertulis dari keluarga Anies, busana pertama yang dikenakan Mutiara, yakni kebaya modern panjang putih, menjadikan suasana akad nikah pada Jumat (29/7) pagi terasa lebih sakral. Kebaya tersebut merupakan rancangan Didiet Maulana.

Pada malam harinya, Mutiara mengenakan kebaya kutu baru velvet berwarna pink. Kebaya yang dipadukan dengan kain batik Jogja Sido Asih latar Cemeng itu dijahit khusus oleh Dita Soebroto untuk Mutiara.

Kemudian pada Sabtu (30/7) siang, Mutiara mengenakan gaun panjang dari kain songket yang didesain dengan motif parang oleh putra Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo. Selain itu, Mutiara mengenakan suntiang melayu rancangan Rinaldi Yunardo. Sentuhan fushion tampak dalam desain batik di atas songket yang hadir dalam gaun pagi dengan warna pastel yang dikenakan Mutiara.

Sementara pada malam harinya, Mutiara mengenakan dress ala Grace Kelly berwarna putih yang juga dirancang oleh Didit Prabowo. Gaun ini dipadukan dengan hair piece dari Rinaldi Yunardi. Sedangkan Ali Saleh Alhuraiby mengenakan tuxedo bow tie rancangan desainer Rusli Hadiwinata pada malam itu.

Adik kandung Anies, Abdillah Baswedan, pun menjelaskan alasan Mutiara dan Ali Saleh mengenakan beberapa seri pakaian yang menyatukan konsep busana Indonesia dengan sentuhan modern. Abdillah mengatakan hal itu lantaran anak muda seperti Mutiara dan Ali biasanya lebih dinamis.

"Anak-anak muda seperti Tia dan Ali itu biasanya lebih dinamis, termasuk dalam memilih tema busana pernikahan," kata Abdillah, Minggu (31/7).

Abdillah menjelaskan, penggunaan busana tradisional merupakan bentuk pelestarian budaya. Mutiara dan Ali, lanjut dia, ingin memberikan penghargaan terhadap kekayaan budaya Indonesia.

"Penggunaan pakaian-pakaian adat/tradisional sebagai bentuk untuk melestarikannya. Pilihan Tia dan Ali untuk mengenakan pakaian adat Jawa dan adat Melayu menjadi bentuk penghargaan terhadap kekayaan budaya Indonesia," tutur dia.

"Menjadi lebih menarik dengan konsep kekinian karena ada sentuhan modern," imbuh Abdillah.

Simak Video: Ketemu Banyak Relawan di Nikahan Anak Anies, Mardani: Kayak Siap-siap 2024

[Gambas:Video 20detik]




(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT