ADVERTISEMENT

Waket MPR Sebut Semangat Nasionalisme Kunci Hadapi Tantangan Global

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 15:05 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan tema ‘Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan Keindonesiaan dan Patriotisme dalam Indonesia Pascapandemi’ di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, di Senayan, Jakarta (11/6).
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyampaikan Tahun Baru 1444 Hijriyah dijadikan sebagai momentum upaya peningkatan semangat nasionalisme anak bangsa agar mampu menjawab berbagai tantangan zaman dalam rangka mewujudkan bangsa dan negara yang lebih baik di masa yang akan datang. Menurutnya, untuk berubah maju menuju ke arah yang lebih baik harus datang dari diri setiap anak bangsa.

"Berbagai perubahan yang terjadi di dunia saat ini memang menjadi tantangan kita bersama. Bagaimana kita bisa menyatukan cara berpikir, bersikap dan bertindak kita dalam menghadapi berbagai tantangan itu untuk mewujudkan bangsa dan negara yang lebih baik," ujar Lestari dalam keterangannya, Minggu (31/7/2022).

Ia menambahkan perubahan harus berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan yang telah disepakati bersama seperti Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rerie, sapaan akrab Lestari, menjelaskan berbagai tantangan di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya hanya mampu dijawab dengan menyatukan cara pandang kita sebagai anak bangsa dalam menjawab berbagai tantangan.

Salah satunya, sambung Rerie, adalah dengan menjadi pembelajar yang baik. Hal ini harus segera dilakukan agar bangsa Indonesia mampu menjawab berbagai perubahan di dunia yang menyebabkan berbagai krisis global di berbagai sektor kehidupan.

Selain itu, Rerie juga mengingatkan untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Terutama, dalam rangka menghadapi gelaran pesta demokrasi nasional berupa Pemilu serentak pada 2024 yang tahapan pelaksanaannya mulai diselenggarakan tahun ini.

Ia menyampaikan di tengah terjadinya krisis global dan pelaksanaan Pemilu serentak, kematangan dalam berpikir dan bertindak sangat dibutuhkan. Serta, kedewasaan dari setiap anak bangsa dalam menjalani setiap kegiatan berbangsa dan bernegara.

Rerie pun menegaskan setiap anak bangsa harus mampu menjaga stabilitas NKRI di tengah gejolak yang terjadi akibat berbagai krisis yang di tingkat global. Semangat untuk mengubah diri dalam rangka mewujudkan bangsa dan negara yang lebih baik harus tercermin dalam setiap upaya yang dilakukan oleh anak bangsa.

Ia juga mengatakan komitmen setiap anak bangsa dalam mewujudkan negara yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila harus benar-benar kuat, sehingga mampu menjalani proses berbangsa dan bernegara di masa maraknya ancaman krisis global seperti saat sekarang ini.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT