ADVERTISEMENT

Heboh Rumah Roboh di Jakpus, Wagub DKI Sorot Spesifikasi Bangunan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 14:37 WIB
Ahmad RIza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza (Foto: Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara mengenai peristiwa bangunan roboh di Johar Baru, Jakarta Pusat yang menelan korban jiwa. Riza mengatakan pihaknya bakal melakukan pengecekan terhadap spesifikasi bangunan di Ibu Kota.

"Kami sendiri ingin memastikan semua proses perencanaan pembangunan sesuai dengan aturan ketentuannya dan juga speknya sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari," kata Riza kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Riza mengatakan pihaknya bakal menelusuri penyebab robohnya bangunan rumah itu. Dia meminta masyarakat memerhatikan spesifikasi bangunan agar tak bermasalah di kemudian hari.

"Kami cek kembali informasi persisnya terkait bangunan yang roboh di Johar Baru," ujarnya.

"Kami minta juga semua masyarakat juga bangunan apapun itu bentuknya harus sesuai dengan perencanaan dan spek yang ada sehingga tidak bermasalah di kemudian hari" sambungnya.

Seperti diketahui, sebuah bangunan di Johar Baru, Jakarta Pusat, roboh pada Kamis (28/7) kemarin. Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan dua orang luka ringan.

"Informasi sementara, terdapat 3 korban (2 orang luka ringan dan 1 orang meninggal dunia)," tulis Damkar DKI melalui akun Instagramnya, @humasjakfire, Kamis (28/7/2022).

Sebanyak 21 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk evakuasi. Evakuasi bangunan roboh itu dilakukan sejak pukul 16.35 WIB.

Polisi masih mendalami penyebab bangunan roboh di lokasi tersebut. Polisi menurunkan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) ke lokasi hari ini.

"Hari ini Labfor turun, ya," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Sabtu (29/7/2022).

Komarudin mengatakan pihaknya juga akan memeriksa izin mendirikan bangunan (IMB) tersebut. Dia menyebut pihaknya menunggu hasil pemeriksaan tim Puslabfor hari ini.

Lihat juga video 'Penampakan Robohnya Gedung Sekolah di Palembang':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT