ADVERTISEMENT

Program Tapal Batas detikcom Hadir Lagi! Ungkap Kondisi Perbatasan RI

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 09:20 WIB
Beginilah potret megahnya PLBN Nanga Badau, Kalimantan Barat yang pada 2017 lalu diresmikan Presiden Jokowi sebagai wajah terdepan di batas Indonesia-Malaysia.
Beginilah potret megahnya PLBN Nanga Badau, Kalimantan Barat yang pada 2017 lalu diresmikan Presiden Jokowi sebagai wajah terdepan di batas Indonesia-Malaysia (Foto: detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta -

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan belasan ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Beberapa pulau dan wilayah di Tanah Air ada yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, hingga Australia.

Wilayah perbatasan menjadi beranda terdepan Indonesia yang tentunya harus menjadi perhatian utama. Karena itu pembangunan dan pemerataan kesejahteraan di kawasan perbatasan penting dilakukan. Tak cuma soal pembangunan fisik semata, melainkan juga kualitas pendidikan hingga perekonomian masyarakat di sana.

Wajah terdepan Indonesia yang mencakup kehidupan sosial dan segala aspek penunjangnya coba diulas detikcom melalui program Tapal Batas. Lewat program ekspedisi wilayah perbatasan ini, detikcom bersama BRI akan memberi gambaran kehidupan warga dan aparat dalam menjaga daerah perbatasan, mengungkap potensi daerah, perekonomian, hingga pariwisata dan budayanya.

Tak terasa, program Tapal Batas sudah memasuki tahun ke-6. Sejak tahun 2016 silam, tim detikcom sudah menyambangi puluhan titik terdepan Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Di tahun ini program Tapal Batas akan hadir kembali melalui tema Ekonomi Kerakyatan di wilayah perbatasan RI. Tim detikcom akan mengunjungi 4 daerah perbatasan yang terdiri dari:

  • Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  • Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.
  • Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Untuk mengetahui bagaimana kondisi masyarakat di perbatasan RI, nantikan konten Tapal Batas detikcom bersama BRI yang akan segera tayang mulai Agustus 2022. Simak terus berita-berita terbaru di detikcom agar tak ketinggalan, ya!

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT