ADVERTISEMENT

Gempa M 5,5 Guncang Morowali Sulteng

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 00:17 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi gempa bumi (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9).
Jakarta -

Gempa bumi terjadi di daerah Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Catatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,5.

BMKG menulis, gempa itu terjadi pada Jumat (29/7/2022), pukul 23.31 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Titip pusat gempa berada di koordinat 2,45 lintang selatan, dan 122,68 bujur timur. "Pusat gempa berada di laut 87 km timur laut Morowali," tulis BMKG dalam situsnya, Jumat (29/7/2022).

Gempa tersebut dirasakan di berbagai daerah. Selain di Morowali, gempa juga dirasakan di Konawe Utara. "Dirasakan (MMI): III - IV Morowali, II - III Konawe Utara," katanya.

II MMI merupakan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. III MMI merupakan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. IV MMI merupakan pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Belum ada informasi soal ada tidaknya korban jiwa dalam kejadian tersebut. Termasuk soal ada tidaknya kerusakan pascagempa.

(aik/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT