Daftar Ide Lomba 17 Agustus, Mau Adain yang Mana?

ADVERTISEMENT

Daftar Ide Lomba 17 Agustus, Mau Adain yang Mana?

Syena Meuthia - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 21:33 WIB
Ide lomba 17 Agustus perlu dipersiapkan jelang HUT Kemerdekaan RI. Berbagai macam perlombaan diadakan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Daftar Ide Lomba 17 Agustus, Cek di Sini (Foto: detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta -

Ide lomba 17 Agustus perlu dipersiapkan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77. Berbagai macam perlombaan diadakan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Walaupun semakin banyak jenis permainan baru di masyarakat yang juga dipilih untuk mengisi kemerdekaan, permainan tradisional tetap bisa menjadi ide lomba untuk meramaikan perayaan 17 Agustus nanti.

Lantas, apa saja ide lomba tradisional 17 Agustus? Cek ulasannya berikut ini.

Ide Lomba 17 Agustus: Cek Daftar Lomba Tradisional Perayaan Kemerdekaan

Dikutip dari laman resmi Indonesia Baik Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), sejarah lomba 17 Agustus mulai muncul pada tahun 1950-an. Berdasarkan sejarahnya, lomba 17 Agustus diadaptasi dari zaman kolonial dan telah dimaknai ulang untuk melambangkan semangat perjuangan.

Menjelang HUT RI ke-77 pada Rabu (17/8/2022) silam, beberapa lomba tradisional yang seringkali diadakan saat HUT Kemerdekaan RI ini bisa kalian pilih, antara lain:

  • Lomba Panjat Pinang
  • Lomba Makan Kerupuk
  • Lomba Tarik Tambang
  • Lomba Balap Karung
  • Lomba Egrang
  • Lomba Bakiak

Lomba-lomba Kemerdekaan tersebut mempunyai sejarahnya tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Untuk lebih mengetahui informasi tentang lomba-lomba 17 Agustus, simak serba-serbinya berikut ini.

Ide lomba 17 Agustus perlu dipersiapkan jelang HUT Kemerdekaan RI. Berbagai macam perlombaan diadakan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.Salah satu ide lomba 17 Agustus, lomba panjat pinang . (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Serba-Serbi Lomba Panjat Pinang

Ide lomba 17 Agustus ini merupakan salah satu lomba 17 Agustus yang menantang. Hal itu karena lomba panjat pinang mengharuskan pesertanya memanjat pohon untuk mendapatkan hadiah sehingga harus mempersiapkan arena pohon yang cukup kuat.

Sejarah lomba Panjat Pinang berasal dari hiburan panjat tiang saat perayaan penting orang Belanda di Indonesia. Lomba ini mulanya adalah sarana hiburan orang Belanda di Batavia (Jakarta).

Dahulu pada tahun 1920-an, hadiah yang dipasang di puncak pohon untuk diperebutkan adalah bahan makanan dan pakaian. Namun, sekarang panjat pinang menjadi ide lomba 17 Agustus yang bisa dikombinasikan dengan berbagai macam hadiah lainnya.

Yuk, Kenali Sejarah Lomba Makan Kerupuk

Ide lomba 17 Agustus populer lainnya adalah lomba makan kerupuk. Dilansir dari Indonesia Baik Kominfo, lomba ini sudah ada sejak masa peperangan dan krisis ekonomi tahun 1930-1940 di Indonesia.

Bukan sekedar ide lomba 17 Agustus untuk hiburan, lomba ini mempunyai sejarah dan filosofinya sendiri. Kerupuk sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Bahkan, nama kerupuk sudah disebutkan dalam naskah Jawa kuno selama masa abad ke-10 masehi.

Kerupuk adalah salah satu makanan pelengkap andalan bangsa Indonesia sejak masa krisis ekonomi tengah terjadi. Harga kebutuhan pangan melonjak tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh masyarakat menengah bawah. Akhirnya, kerupuk jadi salah satu penyambung hidup sebab harganya yang terjangkau.

Pada zaman peperangan, kerupuk biasa dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat Indonesia yang berada pada strata sosial dan ekonomi bawah. Sehingga, identik sebagai makanan rakyat kecil di masa perang untuk bisa bertahan hidup.

Ide Lomba Lain untuk 17 Agustus

Dilansir dari laman Indonesia Baik, ide lomba lain untuk 17 Agustus yang juga adalah lomba balap karung. Berdasarkan sejarahnya, karung goni pada masa penjajahan digunakan sebagai pakaian karena kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat sulit kala itu.

Kemudian, ide lomba 17 Agustus lainnya yang masih populer hingga sekarang adalah lomba tradisional egrang. Lomba ini awalnya adalah bahan olokan warga pribumi terhadap orang Belanda yang bertubuh tinggi.

Berikut daftar ide lomba 17 Agustus populer lainnya yang diadakan oleh beberapa masyarakat, di antaranya:

  • Lomba memasukkan benang ke dalam jarum
  • Lomba memasukkan pensil atau paku ke botol
  • Lomba joget balon atau rebutan bangku sambil goyang
  • Lomba balap kelereng pakai sendok
  • Lomba goyang paling heboh pakai lagu dangdut atau TikTok

Dilansir laman resmi Indonesia Baik Kominfo, tujuan utama dari lomba 17 Agustus adalah untuk menciptakan kegembiraan semua orang dan semua lapisan masyarakat dari pusat kota hingga ke pelosok desa. Sehingga, ide lomba 17 Agustus sebenarnya merupakan ajang kreativitas yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan keadaan.

Demikian informasi ide lomba 17 Agustus yang bisa menjadi referensi peringatan HUT Kemerdekaan. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT