Petugas Gabungan Gotong Royong Singkirkan Puing Bangunan Roboh di Jakpus

ADVERTISEMENT

Petugas Gabungan Gotong Royong Singkirkan Puing Bangunan Roboh di Jakpus

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 13:37 WIB
Petugas gabungan dari Satpol PP, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Bina Marga, bergotong-royong membersihkan puing sisa bangunan roboh di Jakpus. (Instagram @satpol.dki)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Suku Dinas Sumber Daya Air, dan Suku Dinas Bina Marga bergotong-royong menyingkirkan puing sisa bangunan roboh di Jakpus. (Instagram @satpol.dki)
Jakarta -

Petugas gabungan dari Satpol PP, Suku Dinas Sumber Daya Air, dan Suku Dinas Bina Marga bergotong-royong menyingkirkan puing sisa bangunan roboh di Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus). Petugas menyingkirkan puing yang berserakan di Jalan Rawa Sawah II.

Dari foto yang dilihat detikcom di akun Instagram Satpol PP DKI Jakarta, @satpol.dki, tampak petugas gabungan berbaris rapi mengangkat puing bangunan tersebut. Terlihat ada satu truk bertulisan Suku Dinas Sumber Daya Air ada di lokasi.

Lurah Kampung Sawah Ferry Zahrudin menyebut petugas gabungan menyingkirkan puing-puing bangunan yang berada di jalan. Sementara itu, puing bangunan sampai saat ini belum boleh diangkut karena masih dalam proses penyelidikan polisi.

"Kita membenahi puing-puing yang besar itu biar jalan ini bisa dilalui. Kalau puing-puing yang di sini kita tidak boleh apa-apakan dulu karena masih proses penyelidikan polisi," kata Ferry saat ditemui di lokasi, Jumat (29/7/2022).

Petugas gabungan dari Satpol PP, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Bina Marga, bergotong-royong membersihkan puing sisa bangunan roboh di Jakpus. (Instagram @satpol.dki)Petugas gabungan yang menyingkirkan puing-puing terdiri atas Satpol PP, Suku Dinas Sumber Daya Air, dan Suku Dinas Bina Marga (Instagram @satpol.dki)

Ferry menyebut puing bangunan yang berserakan di jalan sudah disingkirkan oleh petugas gabungan. Dia mengatakan Jalan Rawa Sawah II saat ini sudah bisa dilalui warga.

"Berkat bantuan sejumlah stakeholder, puing-puing bisa kita angkat.Sebagian lagi masih kita biarkan. Saat ini sudah kondusif. Tinggal proses merapikan kabel-kabel yang masih semrawut," jelas Ferry.

1 Orang Tewas, 2 Terluka

Seperti diketahui, sebuah bangunan di Johar Baru, Jakarta Pusat, roboh pada Kamis (28/7) kemarin. Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan dua orang luka ringan.

"Informasi sementara, terdapat 3 korban (2 orang luka ringan dan 1 orang meninggal dunia)," tulis Damkar DKI melalui akun Instagramnya, @humasjakfire, Kamis (28/7).

Sebanyak 21 petugas pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi untuk evakuasi. Evakuasi bangunan runtuh itu dilakukan sejak pukul 16.35 WIB.

Kondisi terkini di Jalan Rawa Sawah 2, Johar Baru, Jakpus usai puing-puing bangunan roboh dibersihkan (Rakha AD/detikcom)Kondisi terkini di Jalan Rawa Sawah II, Johar Baru, Jakpus, setelah puing-puing bangunan roboh disingkirkan. (Rakha AD/detikcom)

"Operasi evakuasi bangunan runtuh dimulai pukul 16.35 WIB. Satu unit LFT, 3 unit light rescue, dan 1 unit collapsible beserta 21 personel dikerahkan di TKP," lanjut Damkar.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Satu Orang Tewas Tertimpa Bangunan Ambruk di Johar Baru Jakpus':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT