ADVERTISEMENT

Menerka Dampak ke PSI Usai Surya Tjandra Dukung Anies Nyapres

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 08:00 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra
Surya Tjandra (Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Eks Wamen sekaligus kader PSI Surya Tjandra terang-terangan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai capres di 2024. Dukungan Surya Tjandra ini dianggap mengejutkan pasalnya bertolak belakang dengan sikap politik PSI. Apa dampak pilihan politik Surya Tjandra terhadap PSI?

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno awalnya menjelaskan fenomena elite partai lompat mendukung calon lain merupakan fenomena biasa jelang pemilu. Menurutnya, wajar jika ada sejumlah elite PSI yang akhirnya mendukung Anies Baswedan.

"Ini fenomena 5 tahunan jelang pemilu. Pasti ada saja elite partai yang nyebrang lompat pagar mendukung calon yang semula bermusuhan. Jadi tak heran jika ada sejumlah elite PSI yang sejak awal anti Anies kini justru mendukung Anies," kata Adi Prayitno saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

Adi lalu membeberkan dampak Surya Tjandra mendukung Anies terhadap PSI. Menurutnya, keputusan politik Surya Tjandra ini dapat mempermalukan PSI.

"PSI dipermalukan oleh mantan elitenya. Di tengah gempuran-gempuran terus-menerus PSI ke Anies, malah ada dua sosok kunci PSI berbalik dukung Anies," ucapnya.

Pakar Politik Adi PrayitnoPakar Politik Adi Prayitno Foto: Pakar Politik Adi Prayitno (Dok. Istimewa)

Selain itu, Adi menilai ini salah satu pertanda PSI bukan lagi tempat yang nyaman bagi para kadernya. Ini, kata dia, juga dibuktikan dengan melompatnya kader lain yakni Sunny Tanuwidjaja.

"Ini menandakan PSI tak lagi jadi rumah nyaman yang bisa diharapkan untuk ke depan bagi kadernya. Politik itu kalkulasinya untung rugi. Orang seperti Tsamara, Sunny, dan Surya pastinya rasional, tak mungkin terus menerus berada di PSI yang tak lolos ke Senayan. Pastinya nyari peluang baru di tempat lain," ujarnya.

Lebih jauh, Adi Prayitno juga membeberkan dampak pandangan publik kepada PSI usai berpindahnya Surya. Dia menyebut publik pasti mulai melihat PSI sudah tidak menjanjikan lagi.

"Pastinya publik melihat PSI sudah tak menjanjikan lagi ke depan. Ibarat pepatah, semut pasti mengerubungi gula. Kalau gulanya sudah tak ada, barisan semut pasti bubar jalan. Mencari gula-gula di tempat yang lain," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Pernyataan Eks Wamen ATR-Kader PSI Dukung Anies Jadi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT