ADVERTISEMENT

Di SMAT Krida Nusantara, Taruna Akpol Sosialisasi Tes Masuk

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 02:31 WIB
Taruna Akpol sosialisasi tes masuk masuk Akpol di SMAT Krida Nusantara Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para guru pembimbing dan narasumber dari Taruna Akapol dan Akmil.
Taruna Akpol dan Akmil di SMAT Krida Nusantara. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Taruna Akpol sosialisasi tes masuk masuk Akpol di SMAT Krida Nusantara Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh para guru pembimbing dan narasumber dari Taruna Akapol dan Akmil.

Hadir dalam kegiatan tersebut Brigtutar Muhammad Lembayung Putra Patriatama matra Akpol, Sermadatar Aditya Rachman matra Akmil, Sermadatar Ghozy Choirrifat matra Akmil, Sermadatar Paksy Pratama Putra matra Akmol dan Sermadatar Faikar Aria Lubis matra Akmil, di aula SMAT Krida Nusantara, Kamis (28/7/2022).

Muhammad Lembayung Putra Patriatama menyampaikan bahwa tahapan seleksi yang harus dipersiapkan pada penerimaan Taruna Akpol adalah tes administrasi, tes kesehatan, tes jasmani, tes akademik, dan tes psikologi.

"Pada tes administrasi, banyak sekali berkas dan persyaratan yang harus dipenuhi seperti fotocopy akte, ijazah, KTP, dll. Pada tahap ini juga Adik-adik tidak boleh meremehkan tesnya karena apabila adik-adik tidak memenuhi satu persyaratan saja maka adik-adik dapat gugur pada tahap ini," tuturnya.

Kemudian tes kesehatan di mana seluruh kesehatan akan dicek mulai dari ujung kepala hingga kaki. Biasanya para calon taruna yang sedang tes pada tahap ini banyak kekurangan pada kesehatan mata, kaki, dan juga masalah bekas luka jahitan yang melebihi batas yang sudah ditentukan.

"Selanjutnya tes jasmani, di mana adik-adik akan melaksanakan tes lari 12 menit, push up, pull up, sit up, shuttle run dan juga renang. Pada tahap ini adik-adik perlu persiapan mulai jauh-jauh hari karena latihan jasmani ini tidak bisa instan perlu waktu yang cukup untuk mendapat nilai jasmani yang maximal," ucapnya.

Tes akademik, pada tahap ini menurut Patria sangat perlu untuk dipersiapkan seperti mengikuti bimbel/les karena tes akademik ini memiliki bobot yang tinggi sehingga harus berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, yang terakhir adalah tes psikologi. Pada tes ini akan dibagi menjadi dua tes yaitu wawancara dan tertulis. "Pada tes ini akan menentukan kejiwaan adik-adik apakah adik ini mudah emosi, pendiam, dll. Pada tes ini juga usahakan saat wawancara adik-adik menjawab sesuai dengan apa yang adik-adik tulis saat melaksanakan tes psikologi tertulis," ucapnya.

"Pesan saya untuk adik-adik yang jurusan IPA maupun IPS tidak ada perbedaan dalam pelaksanaan tes Akpol tetap semangat belajar jangan mudah menyerah ikuti semua pendidikan dan pembelajaran di SMAT Krida Nusantara dengan baik dan lancar. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Di samping itu diperkuat dengan doa dan doa restu dari orang tua," pesan Patria.

Ali Moh Ikhsan selaku pembimbing dalam penyampaian terakhir menyampaikan bahwa dari pihak sekolah terima kasih kepada Taruna Akpol dan Akmil alumni SMAT Krida Nusantara yang sudah meluangkan waktunya dan memberikan bekal serta ilmu.

Simak juga 'Polri soal Buya Syafii Usul Rekrut Santri: Masukan yang Konstruktif':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT