AMPI Kecam Haris Pertama Serukan 'Serangan Umum' ke Airlangga

ADVERTISEMENT

AMPI Kecam Haris Pertama Serukan 'Serangan Umum' ke Airlangga

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 18:05 WIB
AMPI mengutuk keras Haris Pertama yang menyerukan serangan umum kepada Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (dok Istimewa)
Foto: AMPI mengutuk keras Haris Pertama yang menyerukan 'serangan umum' kepada Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (dok Istimewa)
Jakarta -

Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mengutuk keras Haris Pertama yang menyerukan 'serangan umum' kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pernyataan Haris juga dinilai berpotensi menimbulkan perpecahan di kalangan pemuda Indonesia.

"Pernyataan Saudara Haris Pertama soal serangan kepada Bapak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ini tidak patut dan tidak etis dilontarkan di depan para pemuda-pemuda KNPI karena berpotensi menimbulkan keonaran di kalangan publik," ujar Ketua Bidang Hukum DPP AMPI Geraldo Tambunan kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Dia mengaku pihaknya akan melakukan kajian hukum atas pernyataan yang dilontarkan Haris terhadap Airlangga yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina DPP AMPI.

Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan sebuah ujaran kebencian yang tidak mendasar yang ditujukan kepada Airlangga. Pihaknya sedang mengkaji unsur-unsur hukum yang timbul dari pernyataan Haris.

"Kami akan akan mengambil segala tindakan hukum yang perlu terhadap Haris Pertama," kata Geraldo.

Sementara itu, Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga menginstruksikan seluruh kader AMPI untuk menjaga marwah nama baik Airlangga.

"Instruksi saya jelas, untuk seluruh Kader AMPI di pelosok negeri, harus siap menjadi garda terdepan membela marwah Bapak Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Pembina DPP AMPI," ujarnya.

Haris Pertama Dipolisikan

Diberitakan sebelumnya, Haris Pertama dilaporkan ke Bareskrim Polri. Haris dipolisikan terkait penyebaran berita bohong soal Airlangga sudah memecah belah KNPI dan membuat hate speech melalui narasinya tentang serangan umum terhadap Airlangga.

Dalam video yang diterima detikcom, Haris menyebut Airlangga sebagai capres odong-odong dan sudah memecah belah KNPI. Haris siap melawan Airlangga.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT