Timsus Percepat Penyidikan Kasus Brigadir J Usai Proses Autopsi di Jambi

ADVERTISEMENT

Timsus Percepat Penyidikan Kasus Brigadir J Usai Proses Autopsi di Jambi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 15:43 WIB
Irjen Dedi Prasetyo
Irjen Dedi Prasetyo (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Jenazah Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J sudah selesai diekshumasi dan autopsi ulang di Jambi. Tim Khusus (Timsus) Polri akan mempercepat proses penyidikan terkait kasus kematian Brigadir J.

"Percepat sidiknya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (28/7/2022).

Dedi menyebut Timsus Polri sedang menunggu hasil autopsi jenazah Brigadir J. Tim tersebut, menurut Dedi, akan mengusut kasus tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmiah.

"Menunggu hasil laboratorium forensik dan dokter hasil autopsi kemarin. Timsus fokus pada penuntasan kasus secara ilmiah science secepatnya," ujar Dedi.

Jenazah Brigadir J Selesai Diautopsi Ulang

Seperti diketahui, jenazah Brigadir J sudah dilakukan ekhumasi atau autopsi ulang pada Rabu (27/7). Tim forensik sudah mengambil sampel untuk diperiksa lebih lanjut di RSCM.

Sampel diperkirakan akan sampai hari ini. Lama pemeriksaan diperkirakan 4-8 minggu.

"Lama pemeriksaan tentunya antara 2-4 minggu untuk memproses sampel jaringan itu hingga menjadi di slide, dan untuk kita bisa interpretasikan. Jadi 2-4 minggu itu proses sampel jaringannya. Setelah itu tentunya kami akan periksa lagi dan kami interpretasikan," ujar ketua tim dokter forensik autopsi ulang Brigadir J, Ade Firmansyah Sugiharto, saat konpers di RSUD Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7).

Hasil Autopsi Pasti Diumumkan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan hasil autopsi ulang tersebut akan disampaikan kepada publik.

"Rekan-rekan melihat ada kegiatan-kegiatan dari tim khusus yang presentasikan apa yang didapat Komnas HAM. Demikian juga hari ini telah dilaksanakan autopsi ulang. Dan tentunya juga pada saatnya akan disampaikan ke publik," kata Sigit di gedung Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Sigit mengatakan tim khusus yang telah dibentuk ini sedang bekerja. Autopsi ulang ini pun turut diawasi pihak eksternal, seperti keluarga dan kuasa hukum Brigadir Yoshua dan ahli forensik independen.

"Semuanya, rekan-rekan sudah mengikuti. Saat ini tim khusus dari internal Polri dan ada Kompolnas, ada Komnas HAM, saat ini semuanya sedang bekerja," katanya.

Simak Video 'Proses Autopsi Ulang Brigadir J Hingga Dimakamkan Secara Kepolisian':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT