ADVERTISEMENT

Erupsi adalah Apa? Penjelasan dan Jenis-jenis Erupsi

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 13:25 WIB
Erupsi adalah proses pelepasan material yang berasal gunung api. Material bisa berbentuk letusan dan non letusan serta menyerupai lava, gas, abu, dan lain-lain.
Ilustrasi Erupsi Gunung Api (Foto: Getty Images/Jon Magnusson)
Jakarta -

Erupsi adalah proses pelepasan material yang berasal gunung api. Material-material bisa berbentuk letusan dan non letusan serta menyerupai lava, gas, abu, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana proses terjadinya erupsi? Apa saja jenis-jenis erupsi gunung api? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Erupsi adalah Keluarnya Magma Gunung Api

Berdasarkan KBBI, erupsi adalah letusan gunung api atau semburan sumber minyak dan uap panas. Dilansir situs Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari gunung api menuju permukaan bumi.

Erupsi yang dikeluarkan bisa secara efusif maupun eksplosif. Erupsi efusif terjadi di mana lava keluar secara perlahan dan mengalir tanpa diikuti dengan suatu ledakan. Kemudian, erupsi eksplosif adalah magma yang keluar dari gunung api dalam bentuk ledakan dan terbentuk endapan piroklastik.

Erupsi adalah proses pelepasan material yang berasal gunung api. Material bisa berbentuk letusan dan non letusan serta menyerupai lava, gas, abu, dan lain-lain.Erupsi adalah proses pelepasan material yang berasal gunung api. Gambar di atas adalah penampakan erupsi Gunung Raung. (Foto: Dok. PPGA Raung)

Sumber-sumber Erupsi

Tipe-tipe terjadinya erupsi terbagi menjadi empat, mulai dari erupsi pusat, erupsi samping, erupsi celah, dan erupsi eksentrik. Berikut informasinya.

  • Erupsi Pusat: Erupsi keluar dari kawah utama
  • Erupsi Samping: Erupsi keluar dari lereng tubuh
  • Erupsi Celah: Erupsi keluar dari retakan atau sesar yang memanjang
  • Erupsi Eksentrik: Erupsi samping, namun magmanya keluar langsung dari dapur magma melalui kepundan tersendiri, bukan kepundan pusat yang menyimpang ke samping.

Jenis-jenis Erupsi

Jenis erupsi berdasarkan kekuatannya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Hawaiian, Strombolian, dan Vulkanian. Ini pengertian masing-masing jenis erupsi.

1. Erupsi Hawaiian

Berasal dari kata Hawaii, pulau vulkanik di tengah Samudera Pasifik yang mempunyai gunung dengan tipe erupsi khas hawaiian. Ciri erupsi tipe Hawaiian adalah dengan adanya erupsi lava cair yang berasal dari kawah dalam waktu cukup lama.

Lava yang membentuk erupsi tipe Hawaiian ini berjenis basalt. Dari bentuk fisiknya, gunung yang bertipe erupsi Hawaiian mempunyai bentuk perisai, dalam arti bahwa tubuh gunung jauh lebih besar dari tinggi gunung.

2. Erupsi Strombolian

Strombolian diambil dari kata Stromboli, nama gunung api di pulau Stromboli Italia yang terletak di Laut Thyrene, Mediterania. Ciri-ciri erupsi jenis Strombolian berasal dari gas dan fragmen-fragmen atau serpihan magma. Material yang diletuskan jatuh kembali ke dalam kawah atau di sekitar bibir kawah.

Pada saat terjadi erupsi yang lebih besar, lava mengalir ke lereng di sekitarnya. Secara umum, suatu gunung api disebut bertipe strombolian apabila dalam suatu erupsi material padat yang terhamburkan kurang lebih setara dengan material yang mengalir sebagai aliran lava. Gunung api tipe strombolian mempunyai kawah, biasanya berbentuk lingkaran.

3. Erupsi Vulkanian

Vulkanian berasal dari nama gunung Vulcano yang terletak di kepulauan Lipar Italia. Erupsi bersifat eksplosif dan magma yang membentuk erupsi tipe vulkanian bersifat antara basa dan asam (dari andesit ke dasit). Erupsi vulkanian terjad karena lobang kepundan tertutup oleh sumbat lava atau magma yang membeku di pipa magma setelah kejadian erupsi.

Salah satu ciri dari erupsi vulkanian yaitu adanya asap erupsi yang membumbung tinggi ke atas dan kemudian asap tersebut melebar menyerupai cendawan. Asap erupsi membawa abu dan pasir yang kemudian akan turun sebagai hujan abu dan pasir. Tidak seperti tipe Hawaiian dan Strombolian, aliran lava tidak terjadi pada tipe erupsi Vulkanian.

Demikian informasi untuk menjawab erupsi adalah apa. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT