ADVERTISEMENT

Baim Wong Batal Daftarkan Merek CFW, Wagub DKI: Sejak Awal Milik Publik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 16:47 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya-detikcom)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya/detikcom)
Jakarta -

Baim Wong membatalkan pendaftaran permohonan merk Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sejak awal julukan 'Citayam Fashion Week' itu milik publik, bukan perseorangan.

"Saya pribadi juga menyampaikan di awal bahwa tempat itu punya publik, punya warga, punya kita semua, jangan ada yang klaim," kata Riza di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

Meski begitu, Riza menegaskan pihaknya tak pernah melobi Baim Wong ataupun pihak PT Tiger Wong untuk membatalkan pendaftaran merk itu.

"Nggak ada, Pemprov tidak ada lobi," ujarnya.

Riza memandang pemberdayaan remaja 'SCBD' bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karena itu, dia mengajak Baim Wong ataupun seluruh public figure turun langsung ke lapangan membina para remaja itu.

"Beliau mungkin caranya dengan mengurus HAKI-nya sebetulnya tidak perlu diurus HAKI-nya, langsung saja turun, bina, bimbing. Saya berterima kasih Baim Wong dan istri yang membantu anak-anak, mari kita bimbing anak-anak kita lebih baik," ujarnya.

Baim Wong Lepas Citayam Fashion Week

Baim Wong memutuskan melepas Citayam Fashion Week setelah muncul kontroversi perihal perusahaan PT Tiger Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Baim Wong menyatakan tidak seambisius yang dibayangkan oleh orang-orang.

"Jadi memang kita mau melepaskan karena menurut saya, nggak mau jadi kayak seperti ini ya, nggak ada niat kita untuk... tadi juga berpikiran akan dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka, cuma saya bilang, daripada berkelanjutanlah, saya bisa bilang nggaklah. Kita niatnya tidak ke sana sama sekali," kata Baim Wong dalam akun YouTube-nya seperti dilihat, Selasa (26/7/2022).

4 Permohonan Pengajuan Merk Citayam Fashion Week

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerima 4 permohonan pengajuan merek Citayam Fashion Week (CFW). Satu di antaranya telah menarik permohonannya. Namun Kemenkumham berharap semua pemohon menarik pendaftaran tersebut.

"Harapan kita sebenarnya supaya tidak menjadi kelanjutan polemik di masa yang datang, pihak-pihak yang telah mengajukan, mengambil sikap yang sama sebaiknya dengan sikap yang ada pada Mas Indigo Aditya Nugroho ini ditarik kembali sehingga ini tidak berkelanjutan prosesnya di tempat kita. Karena kalau ditarik kembali akan di-close, tapi kalau belum akan menjalani proses yang panjang," kata Plt Dirjen Kekayaan Intelektual Razilu dalam konferensi pers di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Selasa (26/7).

Razilu menyebut 4 pemohon pengajuan terkait merek Citayam Fashion Week tersebut dalam bentuk jasa dan barang. Data itu terhitung hingga Senin (25/7) kemarin.

"Ada di dua jenis, di jasa ada dua dan barang ada dua merek. Jadi yang berkaitan dengan barang ada dua dan berkaitan dengan jasa ada dua," ujarnya.

Razilu mengatakan permohonan merek Citayam Fashion Week itu sah-sah saja. Namun dia mengatakan tidak semua pengajuan merek akan diterima.

(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT