ADVERTISEMENT

Hari Mangrove Sedunia 26 Juli: Tema dan Sejarah Peringatannya

Syena Meuthia - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 17:07 WIB
Hari Mangrove Sedunia jatuh pada 26 Juli. Peringatan itu diadopsi oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).
Hari Mangrove Sedunia 26 Juli: Tema dan Sejarah Peringatan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Hari Mangrove Sedunia diperingati setiap tanggal 26 Juli. Peringatan tersebut menjadi Hari Internasional yang diadopsi oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Lalu, bagaimana tema peringatan Hari Mangrove Sedunia tahun ini? Cek ulasannya di bawah ini.

Tema Hari Mangrove Sedunia 2022

Peringatan Hari Mangrove Sedunia 2022 mempunyai tajuk kegiatan bernama "International Day of the Conservation of the Mangrove Ecosystem", diterjemahkan menjadi Hari Internasional Konservasi Ekosistem Mangrove. Dikutip dari laman resmi UNESCO, Hari Mangrove Sedunia 2022 diperingati sesuai dengan tujuan dari kegiatan Hari Internasional Konservasi Ekosistem Mangrove.

Berikut tujuan dari Hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tahunnya:

  • Mangrove mendukung keanekaragaman hayati yang kaya dan menyediakan habitat pembibitan yang berharga bagi ikan dan krustasea
  • Mangrove bertindak sebagai bentuk pertahanan pantai alami terhadap gelombang badai, tsunami, naiknya permukaan laut dan erosi. Tanah mereka adalah penyerap karbon yang sangat efektif, menyerap sejumlah besar karbon.
Hari Mangrove Sedunia jatuh pada 26 Juli. Peringatan itu diadopsi oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).Hari Mangrove Sedunia jatuh pada 26 Juli. Peringatan itu diadopsi oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). (Foto: Wahyu/detikcom)

Selain itu, adanya peringatan Hari Mangrove Sedunia tahun 2022 dilihat dari bagaimana kondisi hutan bakau di dunia. Secara global, kondisi mangrove berada pada risiko tinggi untuk dihancurkan.

Hal tersebut terjadi karena adanya eksploitasi dan polusi yang menjadi pendorong penting hilangnya mangrove. Bahkan, data dari Global Mangrove Alliance memperkirakan 67% hutan bakau telah hilang atau terdegradasi hingga saat ini, dan tambahan 1% hilang setiap tahun.

Secara keseluruhan, mangrove telah menghilang 3 sampai 5 kali lebih cepat dari hilangnya hutan global. Oleh karena itu, penting untuk melindungi atau melestarikan ekosistem mangrove.

Rangkaian Kegiatan Hari Mangrove Sedunia 2022

Mengutip dari sambutan Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO, pihaknya telah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk Hari Internasional untuk Konservasi Ekosistem Mangrove pada (26/7/2022) mendatang. Berikut daftarnya.

  1. Peluncuran Proyek Restorasi Mangrove Baru di 7 Negara Amerika Latin
    Proyek ini tidak hanya akan membawa peluang ekonomi bagi masyarakat lokal, tetapi juga akan memungkinkan pertukaran dan berbagi pengetahuan antara penduduk lokasl dan asli serta komitas ilmiah. Berikut tujuh negara yang menjadi sasaran proyeksi tersebut:
    - Kolombia
    - Kuba
    - Ekuador
    - El Salvador
    - Meksiko
    - Panama
    - Peru
  2. Pameran "National Science Museum of Thailand".

Melalui berbagai kegiatan pada Hari Mangrove Sedunia 2022, diharapkan agar semua masyarakat di dunia bisa sadar akan nilai, keindahan, dan kerentanan ekosistem bakau dan berkomitmen untuk melindunginya mangrove.

Sejarah Hari Mangrove Sedunia

Dikutip dari laman resmi SDG Knowledge Hub, Hari Mangrove Sedunia ini telah diadopsi oleh Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada tahun 2015. UNESCO memang menggunakan istilah proklamasi dalam keputusannya.

Keputusan lengkapnya berbunyi "Proklamasi Hari Internasional untuk Konservasi Ekosistem Mangrove". Ekosistem mangrove sendiri terkait dengan beberapa program UNESCO antara lain:

  • Man and the Biosphere (MAB)
  • Local and Indigenous Knowledge Systems (LINKS)
  • International Hydrological (IHP), serta World Heritage Convention
  • Global Geoparks Network

Ekuador mengusulkan penetapan Hari Mangrove Internasional ini dengan dukungan GRULAC (Group of Latin America and the Caribbean). Adanya peristiwa 26 Juli 1998, menjadi momen emosional bagi masyarakat Ekuador dan sekitarnya sehingga setiap tahun diperingati sebagai Hari Mangrove Sedunia oleh UNESCO.

Demikian informasi seputar kegiatan dan sejarah Hari Mangrove Sedunia 2022. Selamat Hari Mangrove Sedunia!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT