ADVERTISEMENT

Dipindah ke Situbondo, Ceramah Ustaz Hanan Attaki Ditolak PCNU

Tim detikSumut - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 11:03 WIB
Ustaz Hanan Attaki
Ustaz Hanan Attaki. (Dokumen pribadi Tim Ustaz Hanan Attaki)
Situbondo -

Ceramah Ustaz Hanan Attaki yang sedianya digelar di Jember, Jawa Timur, dipindahkan ke Situbondo karena ada penolakan dari sejumlah pihak. Namun, ceramah ini kembali mendapat penolakan di Situbondo.

Dilansir detikJatim, Senin (25/7/2022), penolakan ceramah Ustaz Hanan Attaki ini dilakukan PCNU setempat. Menurut Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khotib, salah satu alasan penolakan karena Hanan Attaki disinyalir sebagai salah satu pengurus ormas yang telah dilarang.

"Informasinya, ia memang disinyalir sebagai pengurus HTI yang anti-NKRI," kata KH Muhyidin Khotib kepada detikJatim, Minggu (24/7/2022).

Oleh sebab itu, PCNU akan tegas menolak jika acara tersebut akan dipindahkan ke Situbondo, sebagaimana beberapa hari terakhir telah santer digaungkan.

"Alasan kami tegas, menjaga demokrasi dengan memperketat masuknya ideologi yang bertentangan dengan falsafah Pancasila. Bahkan mengancam keutuhan NKRI," tegas salah satu pengajar di Ponpes Sukorejo ini.

Lebih jauh, KH Muhyidin Khotib menyampaikan, terlebih lagi Ponpes Sukorejo, Situbondo, merupakan tempat dilaksanakannya Muktamar NU Ke-27 pada 1983 dan menghasilkan deklarasi penerimaan asas tunggal Pancasila.

Sebelumnya, Hanan menegaskan sama sekali tidak pernah terafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dia memberikan klarifikasi melalui video.

"Melalui video ini saya ingin menjelaskan kekeliruan bahwa saya yang disinyalir sebagai eks anggota HTI. Ini jelas keliru, ini jelas salah, bahkan ini cenderung mengarah ke fitnah, karena tidak sesuai fakta dan realita," kata Hanan Attaki di video itu.

"Kenyataannya adalah, saya bukan anggota HTI. Jangankan menjadi anggota struktur, simpatisannya saja bukan," Hanan Attaki melanjutkan.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga Video: PCNU Ungkap Paham NII Sudah Masuk ke 41 Kecamatan di Garut

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT