ADVERTISEMENT

Tentang Logo Baru Ancol yang Baru Diresmikan Wagub DKI

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Minggu, 24 Jul 2022 20:11 WIB
Tentang Logo Baru Ancol yang Baru Diresmikan Wagub DKI
Tentang Logo Baru Ancol yang Baru Diresmikan Wagub DKI | Foto: Dok. Ancol
Jakarta -

Logo baru Ancol telah resmi diluncurkan pada Jumat 22 Juli 2022 lalu. Peluncuran logo baru Ancol itu diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Lantas, seperti apa tampilan logo baru Ancol? Dan apa makna di balik logo baru Ancol itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Wagub DKI Luncurkan Logo Baru Ancol

Taman Impian Jaya Ancol secara resmi telah meluncurkan nama beserta logo baru Ancol. Peluncuran logo baru Ancol itu diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Peresmian logo baru Ancol oleh Wagub DKI itu berlangsung di kawasan Pantai Symphony of the Sea, Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat 22 Juli 2022. Riza didampingi oleh Direktur Utama Ancol Teuku Sahir Syahali dan Komisaris Ancol Geisz Chalifah.

"Ada terobosan di tahun ini Dirut dkk memunculkan satu brand identity yang gambarkan relaksasi dan kegembiraan," kata Riza di lokasi, Jumat (22/7/2022) malam.

Riza berharap, melalui rebranding logo baru Ancol itu, Ancol mampu menjadi ruang ketiga yang menciptakan kegembiraan sekaligus menghadirkan rasa keadilan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari Jumat, 22/7/2022, hari ini logo terbaru Ancol Taman Impian dengan ini secara resmi saya luncurkan," ujar Riza.

"Selain hadirkan sekian tempat, destinasi, yang paling penting mari kita hadirkan rasa keadilan," tambahnya.

Tentang Logo Baru Ancol yang Baru Diresmikan Wagub DKIWagub DKI Resmikan Peluncuran Logo Baru Ancol | Foto: Dok. Ancol

Nama dan Makna Logo Baru Ancol 2022

Bersamaan dengan diresmikannya logo baru Ancol, kini kawasan wisata di Jakarta itu berubah nama. Ancol yang dulunya bernama Taman Impian Jaya Ancol berubah nama menjadi Ancol Taman Impian dengan tagline Haven of Wonder.

Dirut Ancol Teuku Sahir menjelaskan apa makna di balik logo baru Ancol. Logo baru Ancol berwarna dasar biru mencerminkan lautan. Kemudian, lengkungan pada huruf A menggambarkan gerbang menuju kebahagiaan.

"Makna dari Ancol logonya simpel A-N-C-O-L dengan warna biru menunjukkan laut, kemudian A sebagai ikon Ancol, kemudian lengkung adalah gerbang menuju ruang kebahagiaan ruang keceriaan, kemudian ada bintang laut menunjukkan laut," jelas Sahir.

Logo Baru Ancol Menjadi Harapan Baru Ancol

Dirut Ancol Teuku Sahir memandang logo baru Ancol itu sebagai penanda perusahaan berhasil melewati masa sulit pandemi COVID-19. Sebab, Sahir mengaku perusahaan mengalami banyak kerugian karena tak bisa beroperasi selama 2 tahun terakhir.

"Logo ini bukan sekadar logo, makna. Ini suatu milestone history menurut saya hal luar biasa. Kita sudah berhasil lolos dari pandemi, banyak perusahaan rekreasi yang tutup selamanya. Kita wajib bersyukur," ujarnya.

Sahir mengungkapkan kondisi Ancol 2 tahun terakhir ini merupakan yang terparah yang dialami oleh perusahaan. Dia lantas membandingkan kondisi itu dengan tahun 1998 silam, di mana Ancol masih mengalami pertumbuhan pengunjung di tengah krisis.

"Tahun 2020-2021 merupakan tahun sangat berat untuk Ancol yang sebelumnya tak pernah dialami. Event krisis moneter '98 Ancol pengunjungnya growth 15-20 persen Tetapi pandemi karena penutupan tidak boleh usaha karena (mengantisipasi) penyebaran penyakit," terangnya.

Logo baru AncolIlustrasi Logo Baru Ancol: Enter the Haven of Wonder | Foto: Ancol Taman Impian

Logo Baru Ancol Haven of Wonder

Logo baru Ancol dengan tema baru yakni Haven of Wonder juga memiliki harapan untuk berusaha memberikan keceriaan yang baru. Dilansir dari postingan Instagram resmi Ancol, dengan adanya logo baru Ancol berharap menjadi taman rekreasi yang paling disayangi semua orang.

"Ancol selalu percaya bahwa setiap orang di dunia ini berhak untuk menikmati hiburan kelas dunia, yang dapat menghubungkan perasaan dan memori seseorang dalam menciptakan komunitas yang bahagia dan menyenangkan,

Tidak hanya itu, Ancol juga selalu percaya bahwa dengan memperkaya pengalaman dalam kehidupan, aktivitas ini dapat menghasilkan pengalaman hidup yang lebih baik lagi. Kami percaya bahwa Ancol dapat selalu membahagiakan orang dengan sebaik mungkin." sebagaimana pesan yang dikutip dari Instagram Ancol Taman Impian, Sabtu (23/7/2022).

Nilai-Nilai dalam Logo Baru Ancol

Dilansir dari media sosial Twitter resmi Ancol, berikut penjelasan nilai-nilai yang ada dalam logo baru Ancol:

  • Gerbang Ancol: Huruf A menggambarkan gerbang Ancol yang berarti gerbang untuk menuju ke ruang keajaiban yang penuh dengan kebahagiaan.
  • Bintang Laut: Terinspirasi dari segarnya angin laut yang menakjubkan. Selain itu, untuk warna biru laut yang digunakannya tersebut akan mewakili simbol kebahagiaan, relaksasi, dan keramahtamahan.
  • Gerbang Untuk Ke Ruang Keajaiban: Tujuan logo baru dapat menggambarkan keberadaan Ancol dalam menciptakan memori kebahagiaan untuk setiap orang yang mengunjunginya.

Demikian informasi seputar logo baru Ancol dengan tagline Haven of Wonder, serta makna, nilai-nilai dan harapan baru Ancol. Bagaimana menurut kalian?

(wia/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT