ADVERTISEMENT

Prarekonstruksi Kasus Brigadir J di Rumah Sambo Selesai, Apa Hasilnya?

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 24 Jul 2022 12:56 WIB
Prarekonstruksi tewasnya Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo berakhir setelah 9 jam digelar. (Nahda RU/detikcom)
Prarekonstruksi tewasnya Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo berakhir setelah 9 jam digelar. (Nahda RU/detikcom)
Jakarta -

Prarekonstruksi kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J telah dilakukan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Apa hasilnya?

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan hasil temuan dari tim Inafis, laboratorium forensik, dan kedokteran kepolisian tengah dikumpulkan. Temuan itu, kata Dedy, sedang didalami guna proses pembuktian secara ilmiah.

"Semua hasil temuan dari penyidik, Inafis, labfor dan dokpol (kedokteran kepolisian) sedang didalami guna proses pembuktian secara ilmiah (scientific crime investigation)," kata Irjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Minggu (24/7/2022).

Dedi menerangkan, proses pembuktian ini menggunakan cara investigasi ilmiah atau scientific crime investigation. Nantinya, kata Dedi, hasil kerja prarekonstruksi akan disampaikan jika prosesnya sudah selesai.

"Hasil kerja tim nanti akan disampaikan apabila sudah selesai," ungkap Dedy.

Diketahui, pada Sabtu (23/7), polisi telah selesai melakukan prarekonstruksi tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Prarekonstruksi berakhir setelah 9 jam digelar.

Pantauan detikcom di lokasi, tim Inafis, tim Puslabfor, dan penyidik mulai meninggalkan rumah Ferdy Sambo pada pukul 19.00 WIB. Mereka kembali membawa koper hitam berukuran sedang dan berwarna hitam dan koper putih berukuran kecil. Lampu halaman rumah Ferdy Sambo tampak mati.

Prarekonstruksi dengan Peran Pengganti

Prarekonstruksi kasus tewasnya Brigadir Yoshua dilakukan di rumah Irjen Ferdy Sambo. Bharada E, yang terlibat dalam baku tembak dengan Brigadir J, tidak dihadirkan karena prarekonstruksi ini diperagakan oleh pemeran pengganti.

"Kalau prarekon itu harus ada peran pengganti, ya peran pengganti sesuai dengan hasil keterangan para saksi dan temuan dari tim Labfor, Inafis, dokpol itu dipadukan," ujar Irjen Dedi Prasetyo.

"Setelah dipadukan, penyidik kalau misalnya ada hal-hal yang lain yang masih harus didalami dalam proses penyidikannya, itu harus didalami, ya," kata Dedi.

Polisi juga telah menggelar prarekonstruksi di Polda Metro Jaya pada Jumat (22/7) malam tadi. Hasil prarekonstruksi tadi malam di Polda Metro dicocokkan dengan TKP sebenarnya, sehingga dilakukanlah prarekonstruksi di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak Video: Kekasih Brigadir J Diperiksa Polisi

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT