ADVERTISEMENT

Dugaan Human Error di Balik Pipa Gas di MT Haryono Bocor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 21:02 WIB
Petugas menangani kebocoran gas di Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (20/7/2022).
Foto: Yogi Ernes/detikcom
Jakarta -

Sejumlah pertanyaan muncul mengenai penyebab kebocoran pipa gas di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Ada dugaan human error di balik terjadinya peristiwa ini.

Kebocoran itu terjadi selama 30 menit pada Selasa (19/7) sekitar pukul 11.00 WIB. Polisi menyebut kebocoran itu akibat pengeboran proyek revitalisasi TransJakarta.

Tanah dari proyek pengeboran juga sempat menyembur ke permukaan. Polisi memastikan tidak ada ledakan ataupun api akibat kebocoran gas tersebut.

Human Error

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara. Ia menduga insiden itu terjadi karena human error.

Petugas menangani kebocoran gas di Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (20/7/2022).Petugas menangani kebocoran gas di Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (20/7/2022). (Yogi Ernes/detikcom)

"Namanya ini ada human error, maka di situ yang namanya human error ini kan tidak terjadi tiap tahun, tiap bulan. Ini kan dalam sejarahnya baru ini pertama kali kejadian," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2022).

Riza menuturkan kontraktor telah berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini PGN, ketika mengerjakan proyek revitalisasi TransJakarta. Jadi, dia meyakini seluruh pengerjaan proyek dijalani sesuai prosedur.

"Itu kan sudah umum ya sudah biasa secara teknis semua yang melakukan pekerjaan itu ada syarat-syaratnya, ada izinnya, ada koordinasinya, itu pasti semua sudah dilakukan," ujarnya.

Simak juga video 'Pipa Gas Bocor di MT Haryono, Riza Minta Pihak Terkait Tindaklanjuti':

[Gambas:Video 20detik]



simak selengkapnya di halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT