ADVERTISEMENT

Slebew! KPAI Bakal Catwalk di 'Haradukuh' Kampanyekan Hari Anak Nasional

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 17:09 WIB
Jika Jepang punya Harajuku, Indonesia kini punya istilah Haradukuh usai viral Citayam Fashion Week di Dukuh Atas. Kawula muda Ibu Kota pun ikut ambil bagian.
Citayam Fashion Week di Dukuh Atas (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turut menyoroti fenomena anak baru gede (ABG) yang nongkrong di kawasan Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. KPAI akan mengampanyekan Hari Anak Nasional di sana.

"KPAI dan Koalisi Perlindungan Anak akan lakukan pengawasan dan merasakan sensasi Haradukuh SCBD Dukuh Atas Sudirman," kata Kadivwasmonev KPAI, Jasra Putra, Jumat (22/7/2022).

Jasra mengatakan akan mendatangi area zebra cross depan pintu masuk MRT Dukuh Atas untuk melihat langsung aktivitas anak-anak yang nongkrong di sana. Dia juga akan berdialog dengan beberapa pihak terkait keamanan anak-anak.

Menurutnya, tren positif ini harus dijaga dengan memperhatikan keamanan anak-anak untuk mengurangi ancaman terhadap mereka. Dia mengatakan kebebasan yang ada juga harus dibatasi kebebasan orang lain.

"Tentu generasi yang menaruh harapan besar kepada mimpinya, perlu dijemput dengan mempersiapkan fasilitas, keamanan dan tempat yang lebih baik. Agar tren fashion jalanan ini tetap bisa berlangsung dengan aman, tanpa mengurangi kebebasan yang lain di area publik," katanya.

Dia menilai fashion show di kawasan Sudirman Dukuh Atas semakin mendapat tren positif setelah diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta para public figure dan artis lainnya.

"Biasanya pemimpin daerah menggunakan Satpol PP untuk menertibkan jalanan, namun kali ini sedikit berbeda. Justru para pimpinan tersebut menjajal street fashion yang diinisiasi Bonge, Jeje, Roy, dan kawan-kawan. Para Gubernur berpesan agar ajang ini memperhatikan kebebasan para pengguna, saling berbagi ruang, tidak menggelandang, menjaga kebersihan dan ketertiban," katanya.

Dia mengatakan KPAI akan kampanye dengan memakai kaus yang mengingatkan hak dan kewajiban anak di Hari Anak Nasional, dengan slogan ajakan tren positif ini sebagai berikut:

1. Ayuk Adu Kreatif Jangan Adu Negatif, Selebew
2. Ini Gagasan Kreatif Anak, Jangan Ada Yang Klaim Ya
3. Mereka Punya Hak Eksis Yang Sama
4. Ruang Kreatif Anti Kemapanan
5. Setiap Anak Punya Hak Dilindungi, Dihargai dan Rasa Aman
6. Jangan Tutup Ruang Ekspresi Anak
7. Anak Tangguh Pasca Pandemi
8. Kritis Boleh, Tapi Jangan Krisis

Simak video 'Bentuk Dukungan Tokyo Fashion untuk 'Citayam Fashion Week':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT