Lagu Mengheningkan Cipta: Sejarah, Pencipta, Lirik dan Makna

ADVERTISEMENT

Lagu Mengheningkan Cipta: Sejarah, Pencipta, Lirik dan Makna

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 15:03 WIB
Lagu Mengheningkan Cipta: Sejarah, Pencipta, Lirik dan Makna
Lagu Mengheningkan Cipta: Sejarah, Pencipta, Lirik dan Makna | Foto: Getty Images/iStockphoto/CJ_Romas
Jakarta -

Lagu Mengheningkan Cipta merupakan salah satu lagu wajib nasional Indonesia. Lagu Mengheningkan Cipta dikumandangkan sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur demi Kemerdekaan Indonesia.

Simak informasi seputar sejarah, lirik, serta pencipta lagu Mengheningkan Cipta berikut ini.

Apa Itu Mengheningkan Cipta?

Sebelum membahas lebih jauh tentang lagu Mengheningkan Cipta, ada baiknya diketahui terlebih dahulu tentang apa itu mengheningkan cipta. Mengheningkan cipta merupakan suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mengenang orang-orang yang telah gugur, seperti pahlawan sejarah. Mengheningkan cipta dilakukan dengan cara berdoa atau berdiam atau merenung diri sambil menundukkan kepala untuk sejenak.

Dalam buku 'Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, dan Lagu Anak Indonesia' oleh Wildan Bayudi, dijelaskan pula apa itu mengheningkan cipta. Mengheningkan cipta adalah salah satu ritual dalam upacara sebagai bentuk penghormatan pada para pahlawan. Peserta upacara diwajibkan untuk menundukan kepala dengan khidmat, sambil diiringi Lagu Mengheningkan Cipta.

Lantas, bagaimana lirik Lagu Mengheningkan Cipta? Bagaimana sejarah Lagu Mengheningkan Cipta? Siapa pencipta Lagu Mengheningkan Cipta? Dan apa makna Lagu Mengheningkan Cipta? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Dikutip dari buku 'Kumpulan Lagu Nasional' karya Gunawan Ismail, berikut lirik Lagu Mengheningkan Cipta untuk diketahui:

Dengar seluruh angkasa raya memuja pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
M'bela nusa bangsa
Kau kukenang wahai bunga putra banga
Harga jasa
Kau cahya pelita bagi Indonesia merdeka

Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta: Truno Prawit

Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta adalah Truno Prawit. Dilansir dari buku 'Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, dan Lagu Anak Indonesia' oleh Wildan Bayudi, Truno Prawit adalah komponis kelahiran Solo pada tahun 1915.

Kemampuan bermusik Truno Prawit diasah di Staf Musiek Keraton Surakarta. Prawit merupakan seniman dan pelaku sejarah. Selama hidupnya, Prawit menggubah beberapa lagu. Berikut di antaranya lagu ciptaan Truno Prawit:

  • Lagu Mengheningkan Cipta
  • Lagu Indonesia Pusaka
  • Lagu Tanah Airku
  • Lagu Mars Diponegoro
  • Lagu Rasa Kebangsaan
  • Lagu Hari Pahlawan
  • Lagu Bersatulah
  • Lagu Hari Angkatan Perang
  • Lagu Hari Gagahnya Gagah
  • Lagu Pahlawan
  • Lagu Genderang Jaya
  • Lagu Kesadaran Rakyat

Sejarah Lagu Mengheningkan Cipta

Dalam buku 'Terlengkap Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Lagu Daerah, dan Lagu Anak Indonesia' karya Wildan Bayudi, juga dijelaskan sejarah Lagu Mengheningkan Cipta karya Truno Prawit. Sejarah Lagu Mengheningkan Cipta pertama kali dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1958.

Pada saat itu sedang dilaksanakannya upacara peringatan Hari Pahlawan di Ambon. Upacara tersebut sekaligus untuk mengumpulkan dukungan bagi upaya pembebasan Irian Barat. Sejak saat itu, kebiasaan menyanyikan Lagu Mengheningkan Cipta ketika pelaksanaan upacara terus dilakukan hingga saat ini.

Makna Lagu Mengheningkan Cipta

Dalam buku 'Kumpulan Terlengkap Lagu Wajib Nasional' karya Puspa Swara dan Harris S.Yulianto, disebutkan apa makna Lagu Mengheningkan Cipta. Makna Lagu Mengheningkan Cipta adalah sebagai ungkapan rasa syukur.

Lagu Mengheningkan Cipta memiliki makna agar kita bersyukur kepada Tuhan atas kemerdekaan Indonesia yang dianugerahkan-Nya melalui perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Juga berterima kasih kepada pahlawan yang rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia.

Demikian informasi seputar lagu Mengheningkan Cipta serta informasi sejarah, pencipta, lirik lagu dna maknanya. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT