ADVERTISEMENT

Mahfud Md: Papua Itu Kondusif, di Sana Tidak Ada Operasi Militer

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 19:02 WIB
Meko Polhukam Mahfud Md
Mahfud Md (Iswadi/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md bicara soal kondisi keamanan Papua. Dia mengatakan situasi di Papua secara umum dalam kondisi kondusif.

"Secara umum jika dilihat dari perspektif keamanan nasional, Papua itu kondusif," ucap Mahfud dalam media briefing bertajuk 'Kondisi Terkini Keamanan di Papua' di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis (21/7/2022). Mahfud mengikuti kegiatan ini secara daring.

Mahfud menilai kekerasan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua terjadi di area terbatas. Dia menyebut lokasi lainnya di Papua aman dan nyaman.

"Tindakan kriminal maupun kekerasan di sana hanya terjadi di pegunungan sana dan beberapa tempat. Yang ada hanya gangguan KKB di tempat tertentu dan itu banyak juga terjadi di Papua," jelas Mahfud.

"Arenanya terbatas di pegunungan sana Nduga, Puncak Jaya, Yahukimo. Daerah lain sebenarnya itu aman dan nyaman," imbuhnya.

Mahfud juga menegaskan tidak ada operasi militer di Papua. Dia mengatakan aparat penegak hukum hanya menggunakan senjata saat ada ancaman dari KKB yang membahayakan keselamatan warga.

"Di sana tidak ada operasi militer. Tidak menggunakan pendekatan senjata. Kecuali dilakukan tindakan tegas dalam menjamin keamanan masyarakat dan penegakan hukum," papar Mahfud.

Mahfud juga menyebut pemerintah sudah membuka dialog terkait keamanan di Papua. Dia mengatakan dialog telah dilakukan berulang kali.

"Kemudian langkah-langkah lain adalah dialog-dialog yg selama ini sudah dilakukan berkali-kali kita ke Papua, kita undang papua, Istana juga Pak Moledoko sering mengundang orang Papua," ucapnya.

Lihat juga video 'Ledakan Dapil dari IKN dan Pemekaran Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT