ADVERTISEMENT

KSP soal 10 Warga Tewas Ditembak di Papua: Pemerintah Akan Tindak Tegas KKB

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 17:52 WIB
Penembak menembak sasaran. rengga sancaya/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi penembakan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengecam aksi penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, yang menyebabkan 10 warga sipil tewas. Moeldoko menilai aksi KKB itu kejam dan membabi buta.

"Kelompok kriminal bersenjata yang telah melalukan tindakan kejam berulang kali dengan target membabi buta," ujar Moeldoko di agenda media briefing dengan tajuk 'Kondisi Kemanan Terkini Papua' di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2022).

Moeldoko menyebut KKB berdalih melakukan sejumlah aksi teror atas nama perjuangan masyarakat Papua. Dia menilai KKB takut akan pencapaian pembangunan yang terjadi di Papua saat ini.

"KKB memakai kedok perjuangan masyarakat Papua. Padahal lebih untuk mendapatkan keuntungan material kelompoknya. KKB takut dengan capaian pembangunan di Papua karena akan menghilangkan pengaruhnya, sungguh ironis," ucap Moeldoko.

Moeldoko mengatakan pemerintah akan memburu KKB. Dia mengatakan aparat penegak hukum hanya memburu KKB, bukan yang lain.

"Pemerintah akan menindak tegas KKB melalukan penegakan hukum. Tindakan tegas hanya ditujukan kepada KKB bukan yang lain. Penegasan ini penting jangan sampai muncul persepsi yang keliru terhadap tindakan yang akan diambil aparat keamanan," jelasnya.

Moeldoko turut menyinggung pembentukan tiga daerah otonomi baru (DOB) di Papua. Menurutnya, hal itu bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Berikutnya pembentukan tiga DOB, Papua Tebgah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Sebagai bagian dari mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat," ucapnya.

KKB Tembaki 10 Warga Sipil

Sebelumnya, kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali beraksi di Kampung Nogolait, Nduga, Papua. Sebanyak 10 orang tewas dan 2 orang mengalami luka berat.

"Iya benar, pada hari Sabtu pagi telah terjadi penembakan terhadap warga sipil di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan mengakibatkan 10 orang meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya, Sabtu (16/7).

Simak Video '10 Orang Tewas Dibantai KKB di Nduga Papua, Ini Identitas Korban':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT