ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Perluasan Bandara Komodo, Harap Labuan Bajo Semakin Dikenal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 10:32 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan Labuan Bajo merupakan daerah dengan paket lengkap.

Labuan Bajo, katanya, memiliki destinasi wisata yang sudah dipercantik. Selain itu, yang paling istimewa, Labuan Bajo juga memiliki komodo.

"Apa sih yang masih kurang dari Labuan Bajo? Jalan sudah diperlebar dan diperpanjang. Kemudian pelabuhan sudah dipindah dari sini ke lokasi yang baru. Kemudian tempat-tempat destinasi wisata juga sudah dipercantik. Labuan Bajo ini komplet," kata Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/7/2022).

"Budaya ada, pemandangan sangat bagus, pantainya cantik, dan di dunia yang nggak ada, nggak ada di tempat lain, itu ada, yaitu komodo, yang ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca," sambungnya.

Jokowi mengatakan lengkapnya fasilitas yang dimiliki Labuan Pajo itu harus dipakai untuk menyejahterakan rakyat NTT. Dia juga meminta agar fasilitas yang masih kurang terus diperbaiki.

"Kekuatan inilah yang harus kita pakai untuk menyejahterakan rakyat kita di sini. Oleh sebab itu, fasilitas yang kurang terus akan kita perbaiki," ungkap Jokowi.

Misalnya Bandara Komodo, Jokowi meminta perluasan terus dilakukan bila itu yang dibutuhkan. Dia ingin Bandara Komodo bisa menjadi destinasi langsung penerbangan internasional sehingga Labuan Bajo semakin dikenal oleh turis mancanegara.

"Ini Bandara Komodo, terminal sudah diperlebar. Masih kurang? Ya diperlebar lagi. Kalau nanti semakin penuh, semakin penuh, ya harus diperluas lagi. Kemudian tadi Menteri Perhubungan menyampaikan runway-nya masih kurang, kalau ditambah 100 meter sudah wide body bisa masuk, ya tambah. Kalau nggak bisa tahun ini, maksimal tahun depan harus selesai, sehingga pesawat-pesawat yang penerbangannya langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo," tutur dia.

"Kita harapkan dengan ditambahnya turis, baik dari mancanegara maupun wisatawan Nusantara, Labuan bajo menjadi semakin dikenal dan yang paling penting bisa menyejahterakan masyarakat kita, utamanya, khususnya masyarakat Nusa Tenggara Timur," imbuh Jokowi.

(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT