Eks Presiden ACT Diperiksa Bareskrim untuk Kesembilan Kalinya Hari Ini

ADVERTISEMENT

Eks Presiden ACT Diperiksa Bareskrim untuk Kesembilan Kalinya Hari Ini

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 21 Jul 2022 10:02 WIB
Jakarta -

Eks Presiden ACT Ahyudin kembali diperiksa oleh Bareskrim Polri hari ini. Tercatat, Ahyudin akan menjalani pemeriksaan untuk yang kesembilan kalinya.

"Jadwal pemeriksaan ACT, Ahyudin (pendiri, ketua pengurus, dan eks presiden yayasan ACT), jam 10.00 WIB," ujar Kasubdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Andri Sudarmaji saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/7/2022).

Selain Ahyudin, Andri menyebut pihaknya akan memeriksa Ketua Pembina ACT Imam Akbari dan Senior Vice President Gloval Islamic Hariyana Hermain. Ketiganya diperiksa terkait dugaan penyelewengan dana Boeing yang mengalir ke ACT.

"Imam Akbari (Ketua Pembina yayasan ACT) jam 11.00 WIB, Hariyana Hermain (Senior Vice President Global Islamic) jam 13.00 WIB. Masih sama, terkait penyimpangan dana dari Boeing dan donasi lainnya oleh yayasan ACT," jelas Andri.

Ahyudin Diperiksa soal Pembelian Kendaraan Pejabat ACT

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah memeriksa Ahyudin terkait dugaan penyelewengan dana donasi. Dalam pemeriksaan kedelapan kemarin, Ahyudin mengaku dimintai konfirmasi soal mekanisme pembelian aset yayasan hingga pengadaan kendaraan para pejabat ACT.

"Hari ini lebih teknis, menggali tentang di antaranya dibahas tentang bagaimana mekanisme-mekanisme ACT dalam hal penggajian, dalam hal pembelian aset yayasan, dalam hal pengadaan kendaraan bagi pejabat yayasan maupun bagi pegawai," kata Ahyudin saat keluar dari gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/7/2022) malam.

Ahyudin diperiksa kurang lebih 12 jam sejak pukul 11.18 WIB, Rabu (20/7). Dirinya mengaku diberi ratusan pertanyaan oleh penyidik Bareskrim.

"Wah, ratusan mah ada kali. Misalnya 10, tapi anaknya...," katanya.

(rak/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT