ADVERTISEMENT

Pipa Gas Bocor di MT Haryono, Kontraktor Proyek Halte TransJ Minta Maaf

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 23:17 WIB
Sejumlah pekerja tengah melakukan pekerjaan di lokasi semburan gas di kawasan Cawang, Jakarta, Rabu (20/7/2022). Semburan gas terjadi akibat pemasangan tiang pancang pembangunan halte integrasi TransJakarta, KRL, dan LRT di kawasan Cawang.
Penanganan pipa gas bocor di Jalan MT Haryono, Tebet, Jaksel (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor proyek revitalisasi Halte TransJakarta buka suara terkait kejadian pipa gas bocor di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan. Waskita menyampaikan permintaan maaf atas insiden pipa bocor yang berimbas pada kemacetan di sekitar lokasi.

"Kami manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku Kontraktor Pelaksana menyampaikan permohonan maaf bagi para pengguna jalan dan pengguna fasilitas umum atas kejadian ini," kata Corporate Secretary PT Waskita Karya Novianto Ari Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022).

Dia mengatakan bocornya pipa PGN di sekitar area proyek revitalisasi halte TransJakarta (TransJ) itu terjadi saat pekerjaan pemancangan pada Rabu (20/7).

Novianto juga menuturkan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan PT PGN untuk melakukan penutupan valve, memperbaiki pipa bocor, serta sterilisasi area kerja. Kini pekerjaan proyek hingga lalu lintas di sekitar lokasi sudah kembali normal.

"Dapat kami sampaikan bahwa dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa dan lalu lintas di Jalan MT Haryono sudah dibuka kembali," jelasnya.

Novianto juga memastikan metode kerja yang dilakukan kontraktor sesuai prosedur operasi standar (SOP). Di mana sebelum pekerjaan dimulai telah dilaksanakan hal sebagai berikut:

1. Joint survey bersama dengan pihak PGN pada tanggal 23 Mei 2022 untuk menentukan tracing jalur pipa gas eksisting
2. Telah dilakukan test pit untuk mengetahui jalur pipa PGN pada tanggal 30 Mei-6 Juni 2022.
3. Titik yang saat ini dilakukan pekerjaan sheet pile berada jauh dari lokasi indikasi pipa gas PGN yang sudah dilakukan join survey bersama
4. Saat pelaksanaan pekerjaan Waskita telah didampingi oleh pihak PGN

"Perseroan terus berkomitmen mengedepankan aspek mutu, keselamatan dan kesehatan kerja di seluruh proyek. Atas kejadian ini penyelesaian proyek tetap akan diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan," ucapnya.

Pipa Gas Bocor di Jalan MT Haryono

Sebagaimana diketahui, pipa gas yang terletak di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, sempat bocor hingga menimbulkan kemacetan. Pihak kepolisian saat ini tengah menyelidiki penyebab bocornya pipa gas tersebut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT